Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Sekolah Terbaik di Bogor dan Profil Singkatnya

Dari daftar yang dikeluarkan pada Jumat (26/8/2022), ada beberapa sekolah di Kota maupun Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) yang berhasil menyabet sekolah terbaik berdasarkan nilai UTBK 2022.

Berikut 3 sekolah terbaik di Kota maupun Kabupaten Bogor berikut profilnya yang bisa menjadi acuan siswa mencari sekolah yang Kompas.com berhasil rangkum.

3 sekolah terbaik di Bogor

1. SMA Swasta Regina Pacis

SMA Swasta Regina Pacis berada di posisi pertama sebagai sekolah terbaik di daerah Bogor  berdasarkan nilai UTBK 2022 yang dikeluarkan LTMPT, dengan nilai UTBK 2022 sebesar 598,917.

Sedangkan di tingkat nasional, SMA ini berada di posisi 43.

Sekolah yang dipimpin oleh C. Retno Widayanti ini terletak di Jalan. Ir. H. Juanda nomor 2 Bogor, Jawa Barat.

Melansir laman resminya, SMA Regina Pacis Bogor didirikan pada tanggal 1 Agustus 1955, Jabatan Kepala Sekolah pada saat itu dipimpin oleh seorang Suster Misionaris dari Amerika Serikat bernama Sr. Berenice FMM.

Awalnya, sekolah ini hanya menerima murid putri saja, baru pada tahun ajaran 1962 menerima murid putra.

Sekolah memegang teguh pada pendidikan nilai atau karakter dalam membangun habitus bagi peserta didik.

Oleh karena itu, setiap peserta didik diajak untuk menuliskan satu 'Niat Suci' dan melakukannya secara konkrit baik di lingkungan sekolah, kelurga, dan masyarakat.

Dalam menjalankan proses belajar mengajar, tenaga pendidik berupaya menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.

Selain itu, ada juga program diskusi kelompok di luar kelas, kegiatan pentas seni, kunjungan ke beberapa institusi pendidikan dan perusahaan, live in, latihan kepemimpinan, dan kegiatan lainnya.

Hal tersebut menjadi salah satu upaya kreatif sekolah agar peserta didik dapat belajar dengan baik dan memiliki wawasan luas.

SMA Swasta Regina Pacis juga melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti perpustakaan, ruang audio visual, ruang laboratorium bahasa, ruang diskusi, ruang multimedia, laboratorium kimia, laboratorium fisika, laboratorium biologi, ruang kelas dengan LCD projector, dan aula.

Dalam hal prestasi, siswa-siswi SMA Regina Pacis Bogor juga mendulang banyak prestasi di berbagai acara dan kegiatan, seperti satu siswa berhasil menyabet Gold Medal sebagai top 8 persen dalam kompetisi South East Asia Mathematical Olympiad (SEAMO) di Depok pada 2019 dan 2 siswa meraih peringkat pertama di ajang bergengsi National Young Inventors Award (NYIA) ke-12 pada tahun 2019.

2. SMA Kristen Penabur Kota Wisata

SMA Kristen Penabur Kota Wisata menjadi sekolah terbaik kedua di Bogor berdasarkan rerata nilai UTBK 2022 sebesar 584,582.

Sedangkan di tingkat nasional berada di posisi 77.

SMA Kristen Penabur Kota Wisata adalah sekolah menengah yang berada dibawah naungan BPK Penabur Jakarta. Sekolah ini mengusung motto 'Learn, Grow, Lead'.

Guna mewujudkan moto tersebut, seluruh warga SMA Kristen Penabur Kota Wisata didorong untuk mau, mampu, dan mencintai belajar.

Dengan demikian, mereka dapat terus bertumbuh yang kelak akan menghasilkan pemimpin yang melayani.

Sekolah yang berlokasi di Jalan. Transyogi km 6, Kabupaten Bogor tersebut juga memiliki visi untuk mewujudkan sekolah yang unggul berdasarkan nilai-nilai Kristiani dan menghasilkan pemimpin yang melayani.

Guna mendukung kenyamanan proses belajar mengajar dan melatih soft skill peserta didik, sekolah menyediakan fasilitas yang memadai, seperti laboratorium fisika, lapangan olahraga, kantin, ruang musik, perpustakaan, dan laboratorium bahasa.

Selain itu, sekolah juga membuat program English Day untuk meningkatkan bahasa Inggris peserta didik, seperti membaca puisi dalam bahasa Inggris.

3. SMAK Bogor

SMAK Bogor menjadi sekolah terbaik ketiga di Bogor berdasarkan rerata nilai UTBK 2022 sebesar 580,148. 

Sementara di tingkat nasional, sekolah ini menempati posisi 99.

SMAK Bogor ini populer dengan sebutan SMAKBO yang merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan dengan program keahlian Kimia Analisis yang berada di bawah pembinaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Saat ini jabatan kepala sekolah dipegang oleh Dwika Riandari.

Sejak berdiri pada 1950, terhitung sampai 2021 telah menghasilkan 8.198 lulusan yang tersebar di berbagai perusahaan industri dan lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan baik di dalam maupun luar negeri.

Sekolah yang terletak di Jalan. Binamarga I Ciheuleut, Kota Bogor ini menerapkan kurikulum dalam bentuk penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda, yaitu pendidikan keahlian kejuruan yang memadukan program pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh langsung pada pekerjaan sesungguhnya di industri secara sistematik dan sinkron.

Proses pembelajaran ditunjang oleh fasilitas yang lengkap, seperti laboratorium kimia, laboratorium mikrobiologi, laboratorium komputer, dan lain-lain.

Sebagai sekolah kejuruan, sekolah ini berupaya menjalin kerja sama dan kemitraan yang luas di dalam dan luar negeri, seperti dalam hal praktik kerja industri (prakerin) siswa, kunjungan industri, penempatan kerja lulusan, beasiswa, dan sebagainya.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/27/171757171/3-sekolah-terbaik-di-bogor-dan-profil-singkatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke