Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Universitas Islam Internasional Buka Beasiswa 2023, Kuliah Gratis-Tunjangan

KOMPAS.com - Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) membuka pendaftaran jalur beasiswa untuk program Magister (S2) dan Doktor (S3) untuk tahun 2023.

Setiap tahun, skema pendaftaran UII dibuka dengan 2 jalur, yaitu jalur mandiri dengan biaya sendiri dan jalur beasiswa.

Universitas yang memiliki mahasiswa dan dosen dari berbagai belahan dunia ini menerima mahasiswa dari ragam bangsa, negara serta agama. Pengajuan aplikasi pendaftaran dibuka sepanjang tahun secara online.

Untuk perkuliahan tahun akademik 2023/2024, batas akhir pengumpulan aplikasi pada sistem sudah harus diterima pada tanggal 30 Juni 2023.

Ada 4 fakultas yang dapat dipilih oleh para calon mahasiswa. Yakni Fakultas Studi Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Ilmu Pendidikan.

Cakupan beasiswa UIII 2023

Dilansir dari laman Kementerian Agama, untuk para pelamar pada jalur beasiswa, berikut adalah komponen-komponen yang tercakup dalam program beasiswa:

1. Visa pelajar dan izin belajar untuk pelajar internasional

2. Outward airfare (kelas ekonomi-satu arah) dari bandara terdekat lokasi rumah penerima ke bandara Internasional Soekarno Hatta, Indonesia

3. Tiket pesawat pulang (kelas ekonomi-sekali jalan) dari bandara Internasional Soekarno Hatta ke bandara terdekat lokasi rumah penerima.

4. Biaya kuliah untuk dua tahun akademik (Magister) atau empat tahun akademik (Doktor)

5. Tunjangan awal kedatangan setelah tiba di Indonesia

6. Tunjangan hidup bulanan selama dua tahun (Magister) atau empat tahun akademik (Doktor)

7. Asuransi kesehatan

8. Tunjangan buku

9. Bantuan penelitian tesis atau disertasi

Syarat pendaftar beasiswa UIII 2023

Seluruh program akademik dan pembelajaran menggunakan Bahasa inggris. Oleh karenanya para calon mahasiswa Indonesia yang akan mendaftar disyaratkan memiliki sertifikat kecakapan berbahasa Inggris yang ditunjukkan dengan sertifikat IELTS, TOEFL atau sejenisnya.

Namun, persyaratan ini tidak berlaku bagi calon mahasiswa dari negara-negara berbahasa Inggris, atau lulusan dari universitas-universitas yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Khusus untuk yang akan mendaftar pada fakultas Studi Islam, baik program MA maupun Ph.D. disyaratkan memiliki kecakapan dalam Bahasa Arab yang ditunjukkan dengan sertifikat TOAFL.
Persyaratan ini tidak berlaku bagi pendaftar dari negara-negara berbahasa arab atau lulusan universitas yang menggunakan bahasa arab sebagai pengantar.

Para pendaftar harus melampirkan transkrip akademik dengan Grade Point Average (GPA) paling sedikit 3.0 untuk program magister dan 3,5 untuk program doctor pada skala maksimum 4,0.

Syarat lain untuk mendaftar pada program doctor adalah mengajukan proposal riset secara ringkas dengan 4000-5000 kata.

Contoh tulisan ilmiah hasil penelitian yang relevan dengan pilihan studi atau artiel terbaru yang dipublikasikan di jurnal ilmiah.

Selain itu, para pendaftar disyaratkan untuk melampirkan 2 surat rekomendasi dari kalangan otoritas yang menjelaskan mengapa yang bersangkutan pantas untuk menempuh pendidikan lanjutan di UIII.

Para penulis surat rekomendasi adalah orang yang dikenal oleh pendaftar dan ditulis dengan menggunakan bahasa inggris.

Pendaftaran

Informasi lebih lanjut tentang pendaftaran baik jalur mandiri maupun beasiswa di UIII dapat diakses melalui website uiii.ac.id

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/27/131208771/universitas-islam-internasional-buka-beasiswa-2023-kuliah-gratis-tunjangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke