Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Sepak Bola Ada sejak Zaman Sebelum Masehi, Siswa Sudah Tahu?

KOMPAS.com - Demam piala dunia mulai mereda usai laga pamungkas final Argentina versus Perancis yang dimenangi Argentina lewat drama adu penalti, Minggu (18/12/2022) malam.

Namun, sepak bola tetap menjadi salah satu olahraga paling favorit di dunia. Tentu karena jumlah penggemarnya paling banyak serta jadi olahraga yang murah.

Dikatakan murah karena banyak anak-anak yang bermain bola hanya dengan satu buah bola, serta sandal jepit atau batu untuk dijadikan gawang.

Sejarah sepak bola

Berbicara sepak bola, apakah siswa atau pelajar sudah paham bahwa olahraga ini sudah ada sejak zaman sebelum Masehi?

Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Selasa (20/12/2022), olahraga ini telah ada di dataran China sejak zaman dinasti Han pada rentang abad ke-2 sampai ke-3 sebelum Masehi.

Pada masa itu permainan sepak bola dilakukan oleh para tentara sebagai sarana latihan fisik dan juga hiburan kala ulang tahun kaisar China.

Dulu, bola terbuat dari kulit dan gawangnya berupa jaring kecil.

Selain di China, sepak bola juga ada di negara tetangganya yakni Jepang. Pada waktu itu dimainkan dengan cara menggiring bola yang terbuat dari kulit kijang. Permainan sepak bola pada waktu itu disebut “kemari”.

Tak hanya itu saja, permainan sepak bola juga ditemukan di negara lain seperti Romawi, Inggris, Meksiko, Amerika Tengah sampai ke Mesir Kuno yang sudah memainkan sepak bola dengan memakai bola yang terbuat dari karet.

Maka tidak heran jika sepak bola terus mengalami perkembangan. Sejarah sepak bola modern bermula dari Britania Raya yang ditandai dengan berdirinya sebuah organisasi asosiasi sepak bola.

Mulanya diadakan pertemuan oleh 11 wakil dari perkumpulan sepak bola yang ada di Football Association Freemason’s Tavern (London-Inggris) pada 1863.

Adapun hasil dari pertemuan menetapkan seri peraturan tunggal permainan sepak bola. Peraturan tersebut diikuti oleh asosiasi sepak bola Wales, Skotlandia, dan Irlandia.

Selanjutnya, keempat asosiasi tersebut membentuk International Football Association Board (IFAB) untuk dapat mengkoordinasi peraturan sepak bola dunia.

Berdirinya FIFA

Pada 21 Mei 1904 berdirilah sebuah federasi sepak bola dunia yang terbentuk di Paris, Perancis.

Organisasi ini bernama Federation International de Football Association atau yang kita kenal saat ini dengan istilah FIFA. Anggota FIFA kala itu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia, dan Belanda.

Barulah usai pembentukan federasi tersebut, sepak bola dimasukkan ke dalam Olimpiade dan menyelenggarakan kejuaraan dunia pertama kali atau Piala Dunia di Uruguay pada tahun 1930-an.

Piala Dunia pertama itu dijuarai oleh tuan rumah setelah mengalahkan Argentina di final dengan skor 4-2. Hingga saat ini, anggota FIFA berjumlah 211 tim nasional yang berasal dari negara di berbagai belahan dunia.

Hingga kini, olahraga sepak bola terus mengalami perkembangan. Bahkan, teknologi telah digunakan dalam permainan yang telah ada sejak masa sebelum masehi tersebut.

Tentunya permainan olahraga ini akan tetap berkembang, tetap dicintai, dan tetap menjadi olahraga favorit masyarakat di dunia.

Meski permainan sepak bola juga tersedia di perangkat elektronik seperti Play Station, komputer, hingga gawai. Tetapi, bermain sepak bola secara fisik akan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/21/094250371/sejarah-sepak-bola-ada-sejak-zaman-sebelum-masehi-siswa-sudah-tahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke