Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek Dokumen untuk Daftar PKN STAN, Lulus Bisa Jadi CPNS

KOMPAS.com - Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN merupakan sebuah perguruan tinggi di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi di Bidang Keuangan Negara.

PKN STAN termasuk salah satu sekolah kedinasan favorit yang ada di Indonesia. Hal ini terlihat setiap tahun selalu banyak siswa yang mendaftar di PKN STAN.

Banyaknya peminat di PKN STAN terlihat pada pendaftaran tahun 2022. Ada sebanyak 23.895 calon mahasiswa yang memilih melanjutkan pendidikannya di PKN STAN.

Tingginya peminat yang mendaftar di PKN STAN karena sejumlah benefit yang bakal diterima siswa.

Dokumen untuk daftar PKN STAN

Lulusan PKN STAN berpeluang sangat menjadi CPNS di Kementerian Keuangan, lembaga pemerintah lainnya dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Selain itu biaya kuliah di STAN gratis. Khususnya bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur program reguler atau program afirmasi dari lulusan SMA atau sederajat, seluruh biaya pendidikan di PKN STAN dibebankan APBN.

Bagi kamu yang ingin mendaftar ke PKN STAN tahun 2023 mendatang, cermati dokumen yang diperlukan hingga persyaratannya ini:

1. KTP/Kartu Keluarga/Surat Keterangan

2. Foto

3. Ijazah/rapor semester 1 hingga 5

4. Dokumen tambahan khusus pendaftaran afirmasi non-ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah)

Selain itu, siswa yang akan mendaftar di PKN STAN perlu membawa dokumen saat ujian. Dokumen tersebut antara lain:

1. KTP/Surat keterangan/kartu keluarga asli

2. Kartu peserta ujian

Seleksi masuk STAN

Siswa yang berencana mendaftar ke PKN STAN, perlu tahu bahwa ada beberapa tahapan yang harus dilalui saat mendaftar. Pada penerimaan peserta didik baru 2022/2023, peserta seleksi melalui beberapa seleksi ini. 

1. Seleksi Administrasi

2. Seleksi Kompetensi Dasar

3. Seleksi Lanjutan

Mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 menjadi salah satu syarat bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN.

Selain nilai UTBK, syarat lain yang harus dilampirkan ialah nilai rapor dan ijazah. Berikut persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta:

Demikian informasi mengenai dokumen untuk mendaftar PKN STAN, seleksi yang harus dilalui hingga persyaratannya. Informasi ini bisa menjadi acuan untuk daftar STAN di 2023.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/20/115700171/cek-dokumen-untuk-daftar-pkn-stan-lulus-bisa-jadi-cpns

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke