Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

SMA Singapore Intercultural School Jaksel Rebut 2 Gelar Juara IDMC 2022

KOMPAS.com - SMA Singapore Intercultural School (SIS) Jakarta Selatan menyabet dua gelar juara dalam kompetisi iDMC 2022. Dalam ajang kompetisi digital marketing khusus siswa SMA Indonesia, SIS meraih juara pertama dan kedua.

"Kompetisi ini digelar sebagai upaya dalam menghadapi revolusi Industri serta mempertajam kemampuan Digital Marketing siswa SMA," jelas Ketua Penyelenggara iSB Digital Marketing Competition (iDMC), Azalia Imani melalui rilis resmi (1/12/2022).

Azalia Imani menyampaikan, perlombaan ini menggunakan sebuah perangkat lunak berbasis simulasi yang dibuat salah satu perusahaan aplikasi di Amerika Serikat. Dengan menggunakan software ini, para peserta melakukan simulasi digital marketing di sebuah perusahaan.

Mereka harus menentukan berbagai macam keputusan dalam implementasi SEM (search engine marketing) dan SEO (search engine optimization).

"Selain itu mereka juga belajar untuk menganalisis matriks dari tiap ronde yang mereka jalankan," jelasnya.

Andamar Pradipta, Dosen i3l School of Business (iSB) menyatakan, selama kompetisi siswa SMA belajar banyak mengenai digital marketing, mulai dari pengetahuan SEM, jenis iklan yang dapat diimplementasikan, dan juga strategi tepat untuk mengiklankan suatu produk.

"Sebelumnya siswa-siswi SMA sama sekali belum memahami digital marketing, sekarang mereka memahami bahwa dalam mengiklankan sesuatu banyak tahapan-tahapan yang perlu dilakukan," tutur Andamar.

Pelatih Perlombaan iSB, Laras Pratiwi menambahkan, kompetisi ini bersifat simulasi, namun berkat platform simulasi yang disediakan, siswa dan siswi dapat memahami lebih mudah penggunaan SEM dan juga SEO dalam sebuah perusahaan.

"Lomba ini diharapkan mampu menjadi pionir bagi dunia pendidikan untuk bisa bersinergi dengan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan serta kecakapan siswa SMA maupun mahasiswa, sehingga memiliki kemampuan yang cukup," jelas Laras.

Sebanyak 25 tim SMA mengikuti perlombaan ini. Pelaksanaan iDMC terbagi menjadi tiga tahap, yakni awal, seleksi semifinal dan final.

Delapan tim lolos ke babak final meliputi; SDH Bangka, SMA Sedes Sapientiae Semarang, SMA Regina Pacis Surakarta, SMA Santa Angela Bandung, SMAK St. Albertus Malang,SMAK Kolese Santo Yusup Malang, Singapore Intercultural School Jakarta Selatan, dan SMA Santa Laurensia Suvarna Sutera.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/01/114003871/sma-singapore-intercultural-school-jaksel-rebut-2-gelar-juara-idmc-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke