Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Universitas Agung Podomoro Gelar "Pesona Kopi Nusantara: Aroma of Indonesia"

KOMPAS.com - Universitas Agung Podomoro kembali menggelar even tahunan "Pesona Nusantara" keenam setelah sempat tertunda selama 2 tahun akibat dampak pandemi Covid-19.

Tahun ini, Pesona Nusantara Universitas Agung Podomoro mengangkat tema "Pesona Kopi Nusantara: The Aroma of Indonesia".

Acara ini merupakan kelanjutan dari serial Pesona Nusantara yang pernah diadakan Universitas Agung Podomoro, yaitu "Pesona Manis Nusantara" tahun 2016, "Pesona Pedas Nusantara" tahun 2017, "Pesona Rendang Nusantara" tahun 2018, "Pesona Minuman Fermentasi Nusantara" tahun 2019, dan "Pesona Bedulang Belitong Nusantara" tahun 2020.

Kaprodi Bisnis Perhotelan Budi Riyanto menjelaskan, tema kopi diangkat melihat Indonesia dikenal sebagai negara eksportir kopi terbesar nomor empat di dunia dan di setiap daerah dan provinsi memiliki kopi dengan keunikan karakter tersendiri.

Baik dari segi rasa dan cerita, maupun tata cara pengolahan serta penyajiannya. Indonesia memiliki nilai-nilai kearifan lokal dan potensi kekayaan kopi Nusantara dari berbagai wilayah yang tersebar di penjuru tanah air.

"Potensi inilah yang justru ingin ditampilkan dalam bentuk event atau festival untuk melihat geliat kopi Nusantara, mulai dari sejarah, keanekaragaman dan keistimewaan kopi, industri, tren ngopi anak muda, kreativitas, hingga inovasi penyajian kopi masa kini," jelas Budi Riyanto.

"Tujuannya agar kopi Nusantara tetap lestari dan dikenal masyarakat luas, bahkan hingga ke mancanegara. Hal ini sejalan dengan visi Universitas Agung Podomoro yaitu berbasis kewirausahaan yang berbudaya Indonesia dan berkualitas internasional," tambahnya.

Acara Pesona Kopi Nusantara 2022 terbuka untuk umum dan digelar sejak mulai Rabu, 30 November 2022 hingga Jumat tanggal 2 Desember 2022 di area kampus Universitas Agung Podomoro, APL Tower, Jakarta.

Sebagai ajang edukasi dan pengayaan wawasan bagi pengunjung, gelaran ini menghadirkan para pakar kopi yang mengangkat beragam tema, di antaranya:

Selain itu, diselenggarakan juga berbagai macam workshop dan demo seputar kopi, yakni demo pembuatan coffee painting, demo pembuatan pewarna batik dari ampas kopi, mini demo coffee mixology, demo pembuatan kopi dengan teknik latte art, demo pembuatan kopi dengan teknik V60.

Pesona Kopi Nusantara juga dimeriahkan dengan hadirnya coffee exhibition, bazaar, beberapa games ice breaking, giveaway, dan journey room.

Journey room merupakan ruangan permainan dengan konsep escape room yang menggambarkan sejarah biji kopi Nusantara, mulai dari wilayah Aceh, Toraja, hingga Flores sebagai daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Santi Palupi, dosen pengampu mata kuliah MICE Management dan penggagas penyelenggaran event Pesona Nusantara menjelaskan, penyelenggaraan setiap event menjadi pola pembelajaran bagi mahasiswa semester 5 Program Studi Bisnis Perhotelan dalam mata kuliah MICE Management.

Semua mahasiswa terlibat aktif dalam tugas kepanitiaan dan bekerjasama dalam penyelenggaraan event ini.

"Diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa dapat mempraktekkan teori, sekaligus memperoleh pengalaman secara langsung dengan menjadi penyelenggara event berskala besar, serta melibatkan banyak pihak," ungkap Santi Palupi, dosen pengampu mata kuliah MICE Management dan penggagas penyelenggaran event Pesona Nusantara.

“Jadi, saat nanti lulus, mereka siap bekerja di industri atau menjadi entrepreneur di bidang MICE," pungkas Santi Palupi.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/01/102256171/universitas-agung-podomoro-gelar-pesona-kopi-nusantara-aroma-of-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke