Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakar UGM: Bencana Kelaparan Ancaman Nyata bagi Dunia dan Indonesia

KOMPAS.com - Dekan Fakultas Pertanian UGM, Jaka Widada menyebut bencana kelaparan akan terjadi di tahun 2050 sebagaimana prediksi organisasi pangan dunia FAO.

Bencana kelaparan itu, menurut dia, ancaman yang nyata bagi dunia, termasuk Indonesia.

Kondisi ini, kata dia, salah satunya dipicu oleh pertambahan jumlah penduduk dunia yang akan mencapai angka 10 miliar di tahun tersebut.

"Jumlah penduduk dunia akan menembus sepuluh miliar. Akan terjadi kelaparan luar biasa manakala produksi pangan tidak naik sebesar 70 persen dari sekarang," kata dia dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022).

Dia mengaku, hal itu bukan perkara yang mudah, karena perubahan iklim juga sangat berpengaruh terhadap bencana kelaparan ini.

3 negara sudah siap hadapi ancaman krisis pangan

Menurut dia, ada tiga negara yang telah siap menghadapi ancaman krisis pangan, yaitu Cina, Israel, dan Belanda.

Cina, sambung dia, sudah bisa membuat benih padi yang produksinya dua kali lipat lebih banyak.

Sedangkan Belanda dan Israel telah mengimplementasikan teknologi yang mumpuni untuk meningkatkan produksi komoditas pertanian.

"Ethiopia dulu adalah negara dengan banyak kelaparan, sekarang setelah Israel masuk ke situ menjadi sumber pangan nomor tujuh di dunia karena teknologi dari Israel," jelas dia.

Ancaman perubahan iklim dan krisis pangan, bilang dia, memang belum terlalu terlihat di Indonesia.

Itu karena ketersediaan sumber daya alam (SDA) masih cukup melimpah dan kondisi geografis Indonesia yang memungkinkan produksi pertanian tetap berjalan sepanjang tahun.

Akibatnya, pemborosan atau penggunaan sumber daya secara kurang efisien masih terjadi dalam banyak aspek, termasuk di sektor pertanian.

"Di Indonesia, pemborosannya luar biasa karena merasa air tidak harus dibeli, tapi ke depan ancamannya akan luar biasa. UGM perlu melakukan edukasi untuk pelan-pelan menyadarkan tentang perubahan iklim," jelas Jaka.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/29/170024371/pakar-ugm-bencana-kelaparan-ancaman-nyata-bagi-dunia-dan-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke