Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Kuliah di Luar Negeri? Kenali Dulu Istilah "Undergraduate Degree"

KOMPAS.com - Indonesia saat ini berada dalam daftar 25 besar negara yang paling banyak mengirimkan siswa belajar ke luar negeri dan Amerika Serikat menjadi negara tujuan favorit.

Sebelum memutuskan kuliah di luar negeri, kamu perlu mengetahui istilah Undergraduate Degree. 

Melansir dari laman Sampoerna University, Selasa (29/11/2022) menerangkan mengenai istilah Undergraduate Degree yang perlu diketahui para siswa maupun mahasiswa. Simak informasinya.

Istilah undergraduate degree digunakan di berbagai negara di seluruh dunia. Salah satunya di Amerika Serikat.

Secara umum, istilah ini mengacu pada gelar akademik yang didapatkan seseorang setelah menyelesaikan jenjang pendidikan lanjutan setelah high school atau SMA.

Di sebagian besar negara, ada dua jenis program yang termasuk ke dalam kategori program undergraduate degree.

Associate Degree Program

Program associate degree bisa dikatakan setara dengan program D3 di Indonesia. Program ini umumnya ditempuh hanya dalam waktu dua tahun dengan total 60 SKS.

Di Amerika Serikat, program ini ditawarkan oleh berbagai jenis college. Seperti community college, technical college, dan junior college), vocational schools, dan sebagian universitas.

Namun jangan keliru dengan program diploma degree. Program diploma degree di Amerika Serikat biasanya mengacu pada program sertifikasi atau kursus yang sifatnya kejuruan.isalnya desain, musik, event planning, fotografi, atau farmasi.

Program associate degree memfokuskan kurikulumnya kepada ilmu dan keahlian teknis dasar, serta berbagai hard skills dan soft skills yang berguna saat kamu memasuki dunia kerja.

Para mahasiswa program ini biasanya juga mempelajari berbagai mata kuliah dasar (Bahasa Inggris, sastra, matematika, sejarah, dan lain-lain) sebagai tambahan mata kuliah jurusan.

Berkat kurikulum tersebut, lulusan program associate degree bisa langsung bekerja setelah menyelesaikan kuliahnya.

Walaupun begitu, program ini juga sering dimanfaatkan sebagai program persiapan untuk melanjutkan ke program bachelor’s degree.

Bachelor’s Degree Program

Program bachelor’s degree setara dengan program S1 di Indonesia. Di Amerika Serikat, program ini umumnya harus ditempuh selama 4 tahun dengan total 120 SKS.

Para mahasiswa program bachelor’s degree biasanya mempelajari bidang konsentrasi yang spesifik namun harus didalami secara utuh dan ekstensif.

Misalnya hukum, psikologi, pendidikan, dan bisnis. Bahkan di sebagian negara, beberapa program bachelor’s degree hanya bisa diambil apabila seseorang sudah menyelesaikan program bachelor’s degree lainnya.

Ada dua jenis bachelor’s degree yang paling umum ditemukan, yaitu Bachelor of Arts (BA) dan Bachelor of Science (BS/BSc).

Apabila sudah memiliki associate degree, biasanya bisa mentransfer sebagian atau seluruh SKS kamu ke program bachelor’s degree yang ingin diambil. Hal ini berarti jumlah SKS yang wajib kamu penuhi untuk menyelesaikan kuliah di program ini jadi lebih sedikit.

Demikian penjelasan mengenai istilah Undergraduate Degree. Jadi sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri, lebih baik putuskan kamu akan memilih program apa. 

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/29/103100571/mau-kuliah-di-luar-negeri-kenali-dulu-istilah-undergraduate-degree-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke