Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

22 Jurusan Kuliah buat Siswa IPS, Prospek Kerja Menjanjikan

KOMPAS.com - Menentukan jurusan kuliah memang sedikit membuat para siswa SMA konsentrasi IPS bingung.

Apalagi di setiap perguruan tinggi banyak pilihan jurusan Sosial Humaniora (Soshum).

Biar tidak bingung, cobalah memilih 1 diantara 22 jurusan soshum yang bisa jadi referensi seleksi masuk perguruan tinggi. Bahkan 22 jurusan ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa depan.

Meski begitu, jurusan ini bisa diraih asalkan siswa terus mempersiapkan diri dan minat bakat dengan jurusan di bawah ini.

Dilansir dari laman Fakultas Teknik Universitas Pasundan, berikut 22 jurusan kuliah bagi siswa IPS yang bisa dijadikan referensi dan pertimbangan sebelum mendaftar dan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi.

1. Sastra

Jurusan Sastra sangat banyak macamnya, mulai dari Sastra Inggris, Sastra Jerman, Sastra Jepang, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Cina, Sastra Jawa, dan lain sebagainya. Pilih saja mana yang paling sesuai dengan minatmu.

Lulusan jurusan ingin memiliki prospek kerja bergaji besar seperti penerjemahan, media, guru atau dosen, guide, sampai bekerja di kedubes.

2. Psikolog

Meski lulusan psikolog berhubungan dengan pasien di klinik atau rumah sakit, namun siswa IPS juga bisa memilih jurusan ini.

Jurusan Psikologi sendiri punya banyak peminatan, misalnya Psikologi Anak, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri, dan lain sebagainya.

Prospek kerja jurusan ini misalnya sebagai HRD, market research, peneliti, sampai psikolog. Untuk yang terakhir, kamu perlu melanjutkan S2 Profesi Psikologi, agar bisa mengurus izin praktik.

3. Hubungan Internasional

Selama kuliah, mahasiswa akan belajar tentang relasi dan interaksi antarnegara, diplomasi, kajian sosial budaya transnasional, ekonomi-politik internasional, dan lain sebagainya.

Nantinya, lulusan HI bisa berprofesi sebagai pejabat diplomatik, PNS, dosen dan peneliti, berkarier di startup atau perusahaan multinasional, jurnalis, aktivis NGO, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Bisnis dan Manajemen

Tak lekang oleh waktu, jurusan ini bakal menjanjikan prospek karier yang tinggi di masa depan. Misalnya, bekerja sebagai analis investasi, akuntan, penasihat keuangan, manajer pajak, konsultan bisnis, wirausaha, sampai pialang saham.

5. Jurnalistik

Jurusan ini tidak hanya akan membekalimu dengan ilmu sebelum menjadi wartawan di lapangan, tapi juga pengetahuan seputar jurnalistik lain, seperti Analis Media, Ilmu Komunikasi, Creative Writing, Press Release, riset, dan sebagainya.

Saat lulus nanti, kamu pun bisa menjalani beragam profesi, mulai dari wartawan TV/koran/media online, editor, penulis, copy editor, dosen, analis media, peneliti, dan profesi lain yang relevan.

6. Ilmu Politik

Peluang karier jurusan ini juga tak mentok menjadi politikus. Lebih jauh, kamu bisa mengembangkan bakat dan minat dengan menjadi analis politik, dosen, peneliti, bahkan di bidang lain seperti ekonomi dan bisnis.

7. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum merupakan jurusan dengan prospek kerja yang sangat cemerlang. Nantinya kamu bisa bekerja sebagai pengacara, konsultan hukum, dan profesi lain yang relevan.

Mata kuliah Ilmu Hukum meliputi: Hukum Perdana dan Perdata, Hukum Pajak, Hukum Internasional, Hukuk Agraria, Pancasila, Ilmu Negara, Hukum Islam, Filsafat Hukum, Hukum Lingkungan, Hukum Dagang, dan disiplin ilmu lain yang sesuai.

8. Sosiologi

Sosiologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari interaksi antara satu orang dengan yang lainnya, dan bagaimana sebuah struktur sosial terbentuk dalam masyarakat. Kamu bisa bekerja sebagai dosen, peneliti, dan profesi lain yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan sosial.

9. Linguistik Terapan

Jurusan ini juga siswa IPS. Kamu akan belajar berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan bahasa, misalnya Sosiolinguistik, Psikolinguistik, Syntax, Semantics, dan lain sebagainya. Peluang kariermu bisa sebagai dosen, peneliti, linguist, editor, penulis, jurnalis berita, penerjemah, leksikografer, copy editor/copywriter, dan profesi lain yang berhubungan dengan bahasa dan budaya.

10. Ilmu Komunikasi

Jurusan yang satu ini punya peluang karier yang sangat luas hampir di semua bidang kehidupan. Selain jurnalis, kamu juga bisa menjajal pekerjaan lain seperti market research analyst, penyiar radio, presenter berita, dan profesi lain di bidang periklanan, publikasi, sampai bisnis dan manajemen.

11. Broadcasting

Jurusan yang satu ini sebetulnya berkaitan erat dengan Ilmu Komunikasi. Bedanya, di Broadcasting, kamu akan belajar soal ilmu penyiaran (broadcasting) secara lebih mendalam.

Setelah lulus, kamu punya kesempatan untuk bekerja di industri penyiaran (televisi atau radio), misalnya sebagai penyiar, presenter, tim kreatif, reporter, produser, scriptwriter, sutradara, direktur penyiaran, direktur program, editor, dan lain-lain.

12. Ekonomi dan Akuntansi

Ekonomi dan Akuntansi memang dua jurusan berbeda, namun masih saling berkaitan. Kedua disiplin ilmu ini sangat dibutuhkan di hampir semua bidang kehidupan. Siswa IPS pun bisa bekerja di perusahaan BUMN maupun swasta setelah lulus, baik sebagai akuntan, dosen, analis keuangan, pembuat kebijakan, atau yang lainnya.

13. Administrasi Fiskal

Kalau kamu tertarik untuk belajar tentang seluk-beluk pengelolaan aset dan keuangan negara, prodi Administrasi Fiskal adalah opsi yang paling cocok. Selain menjadi dosen atau peneliti, lulusan Administrasi Fiskal juga punya peluang kerja sebagai pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, pegawai pajak, PNS, dan profesi lain yang sesuai. Jurusan ini bagus sekali untuk siswa IPS yang menggemari pelajaran Ekonomi.

14. Manajemen Perhotelan

Suka dengan bahasa Inggris dan ingin berkarier di bidang pariwisata/perhotelan? Jurusan ini cocok untukmu. Prospek kerja jurusan Manajemen Perhotelan juga cukup luas, misalnya perencana meeting, manajer hotel, food service manager, manajer penginapan, kepala koki atau chef, dan lain sebagainya. Bagaimana, kamu tertarik?

15. Fashion Bisnis

Punya passion di bidang fashion? Cobalah memilih jurusan ini. Selain berbisnis fashion, peluang karier bagi lulusan Fashion Bisnis antara lain visual merchandiser, fashion stylist, fashion designer, sampai dosen. Kamu bahkan bisa merintis karier di kancah internasional.

16. Tata Rias dan Kecantikan

Senang berdandan dan merias diri? Kembangkan saja bakat minatmu dengan berkuliah di jurusan Tata Rias. Setelah lulus, kamu bisa melebarkan sayap karier dengan menjadi makeup artist, perias pengantin, beauty consultant, sampai membuka jasa salon dan tata rias. Profesi-profesi tersebut terkenal memiliki bayaran yang mahal, lho.

17. Tata Busana

Jika kamu memiliki hobi corat-coret dan menggambar aneka desain baju, dan ingin menekuni karier di bidang fashion, kuliahlah di jurusan Tata Busana atau Fashion Design. Kelak ketika sudah sukses, kamu bisa menghadiri berbagai acara fashion bergengsi, salah satunya Paris Fashion Week di Prancis sana. Seru sekali, kan?

18. Filsafat

Filsafat adalah induk segala pengetahuan. Disiplin ilmu yang satu ini mempelajari tentang sifat dasar manusia dan hubungannya dengan realitas di masyarakat. Peluang karier lulusan Filsafat juga cukup luas, mulai dari dosen, pengamat, konselor, psikoterapis, jurnalis, sampai pejabat pemerintahan di bidang-bidang yang berkaitan.

19. Ekonomi Islam

Beberapa kampus menyebut jurusan ini dengan nama Ekonomi Syariah. Disiplin ilmu yang dipelajari di prodi ini kurang lebih sama dengan yang dipelajari di jurusan Ekonomi.

Bedanya, mahasiswa akan belajar lebih dalam mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan ekonomi syariah/ekonomi Islam, misalnya jual beli, utang-piutang, pembagian waris, bisnis, sampai pengelolaan lembaga keuangan syariah. Nantinya, lulusan Ekonomi Islam bisa berkarier sebagai manajer perbankan, ekonom, pakar keuangan Islam, dosen, atau analis keuangan.

20. Ilmu Perpustakaan

Siswa IPS yang memilih jurusan ini akan belajar tentang manajemen, teknologi informasi, sampai pendidikan tentang tata kelola data dan record, public relation, sampai ilmu komunikasi. Selain berkarier sebagai pustakawan di perpustakaan, kamu juga bisa menjalani pekerjaan sebagai tenaga ahli di museum, analis data, sampai ahli di bidang informasi dan teknologi.

21. Ilmu Sejarah

Selama kuliah, kamu akan belajar banyak mengenai sejarah berbagai peradaban, mulai dari Mesir, Yunani kuno, India, sampai sejarah yang terjadi di zaman modern setelah abad ke-20 yang mencakup kehidupan politik, sosial, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. Setelah lulus, kamu punya kesempatan untuk berkarier sebagai dosen, peneliti, sejarawan, budayawan, pemandu wisata, guru, dan profesi lain yang berkaitan.

22. Antropologi

Terakhir ada jurusan Antropologi yang cocok untuk siswa IPS. Bidang studi ini mendalami tentang seluk-beluk dan unsur kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia. Disiplin ilmu Antropologi ini masih dibagi menjadi 2 bidang, yakni Antropologi Fisik dan Antropologi Budaya.

Itulah beberapa jurusan kuliah bagi siswa IPS yang bisa dijadikan referensi sebelum mendaftar di perguruan tinggi. Baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Jika kamu masih bimbang menentukan opsi terbaik, jangan ragu untuk berdiskusi dengan orang-orang terdekat.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/27/135020771/22-jurusan-kuliah-buat-siswa-ips-prospek-kerja-menjanjikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke