Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

G20 Empower Dorong Pemberdayaan Perempuan demi Pembangunan Berkelanjutan

KOMPAS.com - Co-Chair G20 EMPOWER, Rinawati Prihatiningsih mengaku, perwakilan EMPOWER berhasil membawa pemikiran keberpihakan pada kemajuan dan pemberdayaan ekonomi perempuan ke dalam poin Bali Leaders” Declaration.

Dari keseluruhan poin yang disusun, G20 EMPOWER menyumbang pemikiran di salah satu paragraf terkait kesepakatan bersama terhadap pengarusutamaan kesetaraan gender.

"Pada poin tersebut, kami menyadari bila pandemi Covid-19 menyumbang angka ketidaksetaraan perempuan dalam hal ekonomi. Untuk itu, kami berjuang untuk menempatkan perempuan sebagai inti dari upaya pembangunan dan pemulihan yang inklusif dan berkelanjutan," kata dia dalam keterangannya, Rabu (16/11/2022).

Dia menyebut, tidak hanya upaya untuk mengatasi ketidaksetaraan akses digital dan kesenjangan upah akan dilanjutkan, tetapi juga lebih jauh lagi untuk menghilangkan hambatan partisipasi ekonomi dan kewirausahaan bagi perempuan.

Pada poin tersebut dijelaskan, karena perempuan dan anak perempuan terus terpengaruh secara tidak proporsional oleh pandemi Covid-19 dan krisis lainnya.

EMPOWER menegaskan kembali komitmennya untuk menempatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sebagai inti dari upaya yang selama ini dilakukan, untuk pemulihan inklusif dan pembangunan berkelanjutan.

"Kami berkomitmen untuk menerapkan 'Peta Jalan G20 Menuju dan Melampaui Brisbane Goals', mendorong inklusi keuangan dan akses ke teknologi digital, termasuk untuk mengatasi distribusi yang tidak merata dalam perawatan berbayar dan tidak dibayar serta pekerjaan rumah tangga, dengan fokus pada penutupan kesenjangan gaji gender," tutur Rinawati.

Lalu, sebut dia, komitmen dalam menghilangkan kekerasan berbasis gender juga menjadi fokus dalam poin kelompok kerja G20 EMPOWER.

Termasuk komitmen lainnya, seperti peningkatan layanan sosial, kesehatan, perawatan dan pendidikan, serta mengatasi stereotip gender.

G20 juga akan terus memajukan akses setara bagi perempuan dan anak perempuan terhadap pendidikan inklusif dan berkualitas, termasuk partisipasi dalam pendidikan STEM, kewirausahaan perempuan melalui UMKM, dan akses perempuan dan anak perempuan di posisi kepemimpinan.

G20 akan mempromosikan kualitas hidup bagi perempuan di daerah pedesaan dan perempuan penyandang cacat.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmavati mengungkapkan rasa terima kasih mendalamnya kepada semua pihak yang terlibat dalam memperjuangkan kesetaraan perempuan.

Terutama, sebut dia, dalam keseteraan di bidang pembangunan ekonomi.

"Terima kasih banyak kerja kerasnya teman-teman dalam memperjuangkan hak perempuan," tukas dia.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/16/191035071/g20-empower-dorong-pemberdayaan-perempuan-demi-pembangunan-berkelanjutan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke