Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Bahasa Korea yang Masuk KBBI, Ada Oppa dan Kimci

KOMPAS.com - DemaDemam Korea atau "Korean Wave" merupakan fenomena tersebarnya budaya pop Korea Selatan secara global termasuk di Indonesia.

Bagi kamu penggemar drama atau idol dari Korea tentu juga sudah hafal dengan beberapa kosakata dari negeri Gingseng tersebut. Seperti "Oppa" atau makanan khas dari Korea "Kimci".

Tahukah kamu bahwa ada beberapa kosakata bahasa Korea yang kini sudah terdaftar di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)?

Dari beberapa kosakata bahasa Korea yang terdaftar dalam KBBI, beberapa diantaranya adalah sebutan untuk makanan khas Korea.

Melansir dari akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), Senin (14/11/2022) ada 10 kosakata bahasa Korea yang terdaftar dalam KBBI. Berikut 10 kosakata bahasa Korea yang masuk dalam KBBI dan penjelasan singkatnya.

1. Oppa

Oppa merupakan panggilan dari perempuan kepada laki-laki lebih tua. Biasanya yang memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama. (seperti kakak kandung, teman atau kekasih).

2. Manhwa

Manhwa berarti komik khas Korea.

3. Mokbang

Mokbang berarti siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang sedang memakan banyak makanan untuk hiburan. Biasanya disiarkan secara daring.

4. Hanbok

Hanbok adalah baju tradisional Korea berupa atasan berlengan panjang menyerupai jaket berkerah V yang diikat pita dan dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi dan berpotongan lebar di bagian bawah bagi perempuan.

Sedangkan bagi pria bagian bawah berupa celana longgar panjang. Hanbok biasa digunakan pada acara formal seperti pernikahan dan upacara kematian atau hari peringatan nasional.

5. Bibimbap

Bibimbap adalah makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayuran dan sebagainya serta bumbu yang dimakan dengan mencampurkan semua bahan tersebut. Dapat juga dilengkapi dengan telur mentah atau matang.

6. Kimci

Kimci merupakan makanan khas Korea berupa acar pedas yang dibuat dari sayuran seperti kubis dan lobak yang digarami, dibumbui (dengan bawang putih, cabai merahm jahe, pasta ikan teri dan sebagainya) kemudian bahan tersebut difermentasikan.

7. Bingsu

Bingsu adalah minuman berupa es yang diserut menyerupai salju dan diberikan tambahan gula, kacang tanah, buah dan berbagai pugasan lain.

8. Bulgogi

Bulgogi merupakan makanan khas Korea berbahan dasar daging yang dibumbui kecap asin, gula dan rempah lain. Kemudian diolah dengan cara dipanggang atau digoreng.

9. Gocujang

Gocujang adalah pasta cabai yang terbuat dari bubuk cabai, tepung beras ketan, tepung kedelai yang difermentasi serta garam. Biasa digunakan sebagai bumbu masakan Korea.

10. Mandu

Mandu adalah pangsit khas Korea biasanya menggunakan tofu.

Itulah 10 bahasa Korea yang telah masuk dalam daftar KBBI yang perlu kamu tahu. Melalui informasi ini perbendaharaan kata yang masuk dalam KBBI juga bisa tambah banyak.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/15/104032171/10-bahasa-korea-yang-masuk-kbbi-ada-oppa-dan-kimci

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke