Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Universitas Samudra: Jurusan, Jalur Masuk dan Biaya Kuliah

Saat ini Universitas Samudra telah mengantongi akreditasi "B" berdasarkan Nomor SK 435/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berlaku hingga 19 Desember 2023.

Kampus yang menawarkan 6 fakultas dengan 25 program studi (prodi) ini bisa menjadi pilihan para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan, khususnya yang berdomisili di Aceh dan sekitarnya.

Sebelum memilih Unsam sebagai kampus untuk melanjutkan pendidikan, calon mahasiswa tentu ingin tahu lebih banyak mengenai profil Unsam, sejarah, fasilitas, jurusan hingga biaya kuliahnya.

Sejarah Unsam

Merangkum dari laman resmi Unsam, Senin (3/10/2022), Universitas Samudra awalnya merupakan universitas swasta yang berada di Kota Langsa di bawah Yayasan Pendidikan Samudra.

Peguruan Tinggi di Aceh Timur telah mulai dirintis sejak tahun 1963, ketika itu Al- Jamiatul Wasliyah Cabang Aceh Timur berinisiatif mendirikan Fakultas Ekonomi Malikul Saleh yang berafiliasi pada Universitas Alwasliyah Medan.

Pada tahun 1976, dibuka dua Sekolah Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (STHPM) dan Sekolah Tinggi Ekonomi (STE).

Melalui proses yang panjang, di tahun 1981, kedua perguruan tinggi tersebut memperoleh status terdaftar yang direalisasikan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 01998 dan 0199 tahun 1981.

Proses menuju Perguruan Tinggi Negeri ditempuh melalui jalan berliku, dimulai dari tahun 2004. Setelah proposal diajukan pada tahun 2005 Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo menolak penegerian Unsam dengan alasan yang sangat klasik, tidak ada anggaran.

Pada tahun 2008 manajemen Universitas Samudra langsa bersama Yayasan Pendidikan Samudra bertandang ke Dikti untuk beraudiensi dengan Dirjen Dikti saat itu dijabat oleh Fasli Jalal. Sejak itu proses penegerian Unsam mulai bergeliat kembali.

Setelah mengetahui banyak hal mengenai persyaratan penegerian sebuah perguruan tinggi dalam audensi tersebut, mulailah mempersiapkan semua persyaratan yang diminta oleh Dikti.

Akhirnya semua impian dan harapan masyarakat Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang untuk memiliki sebuah PTN terwujud pada tanggal 13 Mei 2013 dengan ditandatanganinya Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2013 oleh Susilo Bambang Yudhoyono menjadi PTN dengan nama Universitas Samudra.

PTN Baru yang bernama Universitas Samudra (Unsam) ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 4 Juni 2013.

Jurusan di Unsam dan fasilitasnya

Jurusan yang tersedia di Unsam cukup lengkap baik untuk rumpun Saintek maupun Soshum. Sehingga bisa memfasilitasi bakat dan minat calon mahasiswa yang ingin kuliah di Unsam. Berikut fakultas dan jurusan jenjang S1 yang ada di Unsam:

1. Fakultas Hukum (FH)

  • Ilmu Hukum

2. Fakultas Ekonomi (FE)

  • Manajemen
  • Akuntansi
  • Ekonomi Pembangunan

3. Fakultas Pertanian (FP)

  • Agribisnis
  • Agroteknologi
  • Budidaya Perairan

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

  • Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Geografi
  • Pendidikan Olahraga
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Pendidikan Fisika
  • Pendidikan Kimia
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Matematika

5. Fakultas Teknik (FT)

  • Teknik Mesin
  • Teknik Sipil
  • Teknik Industri
  • Teknik Informatika
  • Teknik Matematika
  • MIPA Biologi
  • MIPA Kimia
  • MIPA Fisika

Unsam berdiri di atas lahan seluas 488.899 meter persegi. Universitas Samudra memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung komitmennya sebagai universitas negeri yang terbilang muda di Aceh. Di antara ruang perkuliahan sebanyak 64 ruang. Di samping ruang kuliah juga terdapat berbagai ruang laboratorium.

Perpustakaan dengan koleksi ribuan judul buku atau sekitar 20.600 eksemplar dengan waktu layanan mulai pukul 08.00 hingga 17.30. Di sekitaran kampus juga dilengkapi dengan fasilitas hotspot area (internet gratis) untuk menunjang proses belajar mengajar.

Fasilitas lain yang ada di Unsam antara lain gedung serbaguna, gedung multiguna, gedung administrasi, gedung Adm Biro dan Fakultas, gedung Perpustakaan, gedung UPT Perpustakaan, mushola, gedung dan ruang mushola fakultas dan biro, ruang belajar, ruang kuliah, laboratorium dasar, gedung UPT laboratorium dasar, laboratorium MIPA.

Ada juga laboratorium Komputer, ruang laboratorium Komputer, laboratorium Bahasa, ruang UPT laboratorium Bahasa, laboratorium Teknik, ruang laboratorium Fakultas Teknik, lahan percobaan seluas 200.000 meter persegi, lahan percobaan pertanian.

Jalur masuk Unsam

Sebagai salah satu PTN di Aceh, Unsam membuka penerimaan mahasiswa baru melalui beberapa jalur, yakni:

1. Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.

2. Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN. Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

3. Seleksi mandiri

Unsam bersama sejumlah perguruan tinggi lainnya juga membuka penerimaan mahasiswa jalur secara bersama yang dinamakan program SMM PTN Barat (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat).

Kuota daya tampung setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20 persen dari daya tampung program studi yang bersangkutan.

Kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40 persen dari daya tampung program studi yang bersangkutan.

Sementara, kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30 persen dari daya tampung program studi yang bersangkutan.

Biaya kuliah Unsam

Calon mahasiswa yang berencana melanjutkan pendidikan di Unsam, wajib membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibagi menjadi 8 kelompok sesuai penghasilan orangtua atau wali yang bertanggungjawab terkait biaya kuliah.

UKT di Unsam di kelompok I paling rendah dipatok sebesar Rp 500.000. Sedangkan untuk UKT kelompok VIII paling tinggi sebesar Rp 2,4 juta. Berikut rincian biaya UKT di Unsam per fakultas:

1. Fakultas Hukum (FH): Rp 500.000 hingga Rp 2,3 juta

2. Fakultas Ekonomi (FE): Rp 500.000 hingga Rp 2,3 juta

3. Fakultas Pertanian (FP): Rp 500.000 hingga Rp 2,4 juta

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP): Rp 500.000 hingga Rp 2,4 juta

5. Fakultas Teknik (FT): Rp 500.000 hingga Rp 2,4 juta.

Demikian profil singkat Universitas Samudra (Unsam) yang bisa menjadi tambahan informasi bagi para calon mahasiswa. Dengan adanya sejumlah PTN di Nanggroe Aceh Darussalam, bisa membantu calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tanpa harus merantau ke luar provinsi. 

https://www.kompas.com/edu/read/2022/10/03/155507971/profil-universitas-samudra-jurusan-jalur-masuk-dan-biaya-kuliah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke