Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Cara Cepat Mahir Bahasa Inggris yang Bisa Dicoba

KOMPAS.com - Mahir berbahasa inggris dapat diupayakan dalam waktu cepat bila dikakukan dengan usaha yang tepat.

Melancarkan bahasa Inggris bisa dilakukan di rumah dan bisa dilakukan sambil beraktivitas. Misalnya, mendengarkan lagu berbahasa Inggris juga menjadi salah satu cara cepat mahir berbahasa inggris.

Dilansir dari laman Pusat Belajar Universitas Medan Area, berikut langkah-langkah mahir Bahasa Inggris dalam waktu cepat.

1. Sering mendengarkan lagu bahasa inggris

Saat mendengarkan musik berbahasa Inggris, kamu perlu melihat teks lirik musik. Dari teks tersebut akan membantu kamu belajar pelafalan atau pengucapan bahasa inggris yang benar. Setelah itu, cobalah mendengarkan lagu tanpa teks, agar kemampuan listening bisa terasah.

Cara ini adalah cara belajar bahasa inggris yang menyenangkan, dan dijamin tidak membosankan. Karena siapa yang menyangka jika mendengarkan musik saja bisa menguasai Bahasa Inggris.

2. Sering nonton film berbahasa inggris

Cobalah menonton film dari luar yang disertai dengan subtitle bahasa Inggris. Setidaknya, di dalam film ada banyak kosakata baru dan kosakata umum yang akan terus diulang-ulang.

Pengulangan-pengulangan inilah yang akan membantu kamu lebih familiar dengan pengucapan kata dan penulisannya.

3. Membaca buku berbahasa inggris

Cara cepat belajar bahasa Inggris bisa dilakukan lewat membaca buku novel berbahasa inggris.  Ketika kamu membaca, di sana kamu tidak hanya belajar bahasa tulis yang disampaikan penulisnya. Kamu akan belajar banyak kosakata baru.

Jika perlu, terjemahkan beberapa kata di novel lewat catatan di buku. Maka dengan alamiah, secara tekun kamu pun akan mahir dengan sendirinya.

4. Mencatat kosakata baru

Tips mudah belajar bahasa Inggris yang selanjutnya adalah mencatat kosakata baru yang kamu temukan. Setelah selesai membaca, mendengarkan musik atau seusai menonton film berbahasa inggris. Maka kamu perlu mencatat kosakata baru dan asing untuk memperkaya Bahasa Inggris. 

5. Mencoba menulis dalam bahasa inggris

Jika sebelumnya kamu sudah mempelajari pelafalan bahasa inggris lewat nonton film dan mendengar musik, cobalah menulis menggunakan kalimat inggris. Cara ini juga akan memudahkan kamu untuk lebih familiar dan akrab menggunakan bahasa Inggris.

6. Praktek Bahasa Inggris

Selain mempraktekkan bahasa inggris dengan menulis, kamu bisa mencobanya dengan berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Jika masih malu dan tidak percaya diri berbahasa menggunakan bahasa Inggris, kamu tetap bisa melatih menggunakan bahasa. Misalnya berlatih berbicara di depan cermin. Setidaknya dengan cara ini akan membantu kamu belajar melafalkan bahasa Inggris lebih mahir.

7. Berteman dengan bule atau yang mahir

Sebenarnya tidak harus berteman dengan orang asing. Tetapi berteman dengan orang Indonesia yang memiliki kemampuan bahasa asing mahir. Dengan begitu, kamu bisa melatih keterampilan speaking dan bisa meminta koreksi jika ada kesalahan. 

8. Mengikuti kursus Bahasa Inggris

Saat mengikuti kelas ini, memang harus rela mengeluarkan uang untuk membayar tutor. Bagaimanapun juga lembaga kursus, pastinya akan menarik biaya.

Kelebihan mengikuti kursus, kamu dapat belajar lebih intens. Saat kamu tidak tahu, bisa langsung bertanya dan tentu saja bisa langsung dijawab atau dijelaskan. Mengikuti kursus kelas bahasa inggris ini cocok buat kamu nih yang tengah mempersiapkan mengikuti ujian TOEFL dan ujian masuk universitas.

9. Ubah bahasa di gadget dengan Bahasa Inggris

Setiap gadget seperti smartphone sampai komputer memiliki bahasa yang bisa kita atur, untuk membantu kita dalam belajar bahasa inggris kita bisa mengaturnya agar dalam mode bahasa inggris.

Dengan begitu, kita akan sedikit terbiasa dengan kata-kata dalam bahasa inggris. Kata-kata seperi nama-nama hari, jam, emergency call, search, reorder dan masih banyak lagi.

10. Buat chalenge dengan diri sendiri

Kita bisa berbahasa inggris karena paham dan hafal terhadap kosakata atau vocabulary. Semakin banyak kata yang dihafal tentu akan semakin baik, untuk menghafalnya ada berbagai cara yang bisa kita lakukan. Tips menghafal kosakata berikut ini mungkin bisa membantu kalian :

  • Chalange pertama, hafalkan 5 kata dalam sehari, dicatat, dan hafalkan kembali setelah 1 minggu, agar tidak lupa.
  • Chalange kedua, baca satu artikel perhari dalam bahasa inggris.

11. Manfaatkan internet dan YouTube

Selain dengan kursus yang berbayar, ada alternatif lain untuk belajar bahasa inggris yaitu dengan menonton video di YouTube. Banyak kok channel-channel yang membatu semua orang memahami bahasa inggris.

Cobalah Susbcribe chanel luar negeri seperti channelnya englishclass 101. Dalam chanel tersebut akan ada video yang membahas kata per kata, selain itu juga ada tutorial untuk membuat kalimat past tense, present tense dan masih banyak lagi.

12. Beli buku belajar Bahasa Inggris

Jika kamu termasuk orang yang irit quota sehingga tidak bisa untuk menonton video di YouTube, kamu bisa melihat panduannya melalui buku-buku belajar bahasa inggris.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/27/144616071/12-cara-cepat-mahir-bahasa-inggris-yang-bisa-dicoba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke