Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

25 Prospek Kerja Terbaik Jurusan Teknik Sipil dan Kisaran Gajinya

KOMPAS.com - Jurusan kuliah Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan favorit calon mahasiswa. Setiap tahun peminat Jurusan Teknik Sipil selalu membludak.

Jurusan Teknik Sipil ini banyak dipilih calon mahasiswa karena prospek kerjanya yang sangat luas dan kisaran gaji lulusan Teknik Sipil yang cukup tinggi.

Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan.

Seorang lulusan Teknik Sipil perlu menguasai ilmu terkait desain, konstruksi hingga pemeliharaan lingkungan. Melansir dari laman Universitas Bandar Lampung, Minggu (25/9/2022), berikut prospek kerja jurusan Teknik Sipil setelah lulus dan kisaran gajinya.

Prospek kerja jurusan Teknik Sipil dan kisaran gajinya

1. Geotechnical Engineer

Prospek kerja Jurusan Teknik Sipil yang pertama adalah menjadi seorang Geotechnical engineer. Geotechnical engineer akan menggunakan mekanika batuan dan tanah untuk melakukan penyelidikan terhadap kondisi geologi bawah permukaan.

Investigasi tersebut digunakan dalam perancangan dan pembangunan fondasi untuk struktur, struktur tanah, dan juga perkerasan.

Sebagai seorang insinyur geoteknik kamu akan menangani bahaya dan risiko geoteknik yang berhubungan dalam setiap proyek teknik sipil. Kamu akan bertanggung jawab dalam menemukan solusi praktis untuk membuat proyek menjadi aman dan berkelanjutan.

2. Fire Engineer

Seorang fire engineer bertugas untuk memastikan bangunan dirancang agar bisa meminimalisir risiko dari kebakaran atau penyebaran api. Fire engineer bertugas merancang dan memberikan saran pada bangunan baru atau bangunan yang sedang direnovasi berkaitan dengan langkah-langkah keselamatan kebakaran.

3. CAD Technician

CAD Technician juga menjadi salah satu prospek kerja lulusan Teknik Sipil. CAD Technician sangat penting bagi dunia Teknik Sipil terutama dalam membuat desain, produk, dan suatu sistem.

Pekerjaan ini akan menggunakan perangkat lunak di industri untuk menyiapkan desain struktural dari suatu konstruksi. Sebagai seorang CAD Technician, kamu bisa bekerja di industri desain arsitek hingga industri manufaktur seperti pakaian, suku cadang, otomotif, elektronik, alat berat, dan masih banyak lagi.

4. Structural Engineer

Structural Engineer berfokus pada kerangka struktur dan merancang struktur tersebut untuk menahan tekanan dan pengaruh lingkungannya agar tetap aman, stabil, dan terjamin selama penggunaannya.

Structural engineer memastikan bangunan tidak rusak, roboh, dan menjaga lingkungan yang dibuat tahan lama, baik secara estetika dan ekonomis.

5. Transportation Engineer

Prospek kerja Teknik Sipil selanjutnya adalah menjadi seorang Transportation engineer. Profesi ini berfokus pada perancangan sistem dan infrastruktur transportasi baru termasuk jalan raya, bandara, kereta api, jembatan, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, kamu juga akan meningkatkan sistem transportasi untuk menjadikan arus lalu lintas menjadi lebih aman dan efisien.

6. Rail System Engineer

Rail system engineer atau dikenal juga dengan insinyur sistem kereta api bertugas untuk memberikan pengetahuan keahlian teknis pada proyek dan sistem kereta api.

Keahlian tersebut meliputi lalu lintas, kendaraan kereta api, daya traksi, kontrol sinyal kereta api, pengumpulan tarif, dan masih banyak lagi.

7. Water Resource Engineer

Sebagai seorang water resource engineer, kamu akan membuat peralatan dan sistem baru untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengolahan air maupun pengelolaan sumber daya air.

Kamu bisa berfokus pada bidang yang lebih spesifik antara lain fasilitas pengolahan air, sumur bawah tanah, maupun sumber mata air alami.

8. Surveyor

Lulusan Teknik Sipil juga bisa berprofesi menjadi seorang surveyor. Profesi ini sangat penting dalam keberhasilan banyak proyek konstruksi. Mulai dari bangunan tempat tinggal sampai dengan bangunan komersil hingga suatu infrastruktur.

Peran surveyor dalam Teknik Sipil sangat penting untuk memberikan informasi kepada manajer proyek maupun insinyur lain dalam memetakan proyek agar tidak kesulitan dalam membangun struktur yang andal.

9. Construction Engineer

Construction engineer merupakan insinyur Teknik Sipil yang bertugas dalam mengawasi desain dan implementasi dari proyek bangunan. Selain itu juga membantu dalam memelihara sistem infrastruktur seperti jalan, sumber air, bangunan, bendungan, dan gedung.

10. Coastal Engineer

Ketika permukaan laut meningkat cepat maka akan menyebabkan efek berbahaya pada lingkungan pesisir pantai.

Masalah tersebut bisa diatasi dengan adanya coastal engineering. Coastal Engineer merupakan salah satu cabang teknik sipil yang bertanggung jawab atas organisasi, konsepsi, pengembangan dan pelestarian pekerjaan di garis pantai.

12. Commissioning Engineer

Commissioning engineer bertugas untuk memastikan bahwa semua aspek bangunan maupun proyek konstruksi dirancang, dipasang, diuji, dan dipelihara dengan baik dan benar. Sebagai insinyur tersebut, kamu bisa berfokus dalam berbagai macam industri termasuk teknik elektro, teknik sipil, maupun teknik mesin.

13. Site Engineer

Seorang site engineer merupakan bagian tim manajemen lokasi dan mengambil sebagian tanggung jawab untuk keamanan, keselamatan, dan kesehatan, serta mengatur dan mengawasi proyek.

Berkaitan dengan itu, site engineer juga akan memastikan desain diterapkan dengan benar dan bekerja sama dengan kontraktor utam dan sub kontraktor serta manajer proyek.

14. Highway Engineer

Highway engineer bertugas dan bertanggung jawab untuk memastikan jalan raya dalam kondisi baik.  Kamu akan bertugas dalam merencanakan, merancang, dan mengawasi proyek serta menjaga jalan tetap bisa digunakan secara efisien.

15. Traffic Engineer

Traffic engineering merupakan salah satu cabang teknik sipil yang lebih berfokus pada pergerakan orang dan barang yang aman dan efisien.

Sebagai seorang traffic engineer, kamu akan bertanggung jawab dalam memahami dan mengubah aspek teknis desain jalan untuk memaksimalkan arus lalu lintas dan mengurangi kemacetan.

16. Civil Estimator

Civil estimator bertugas dalam mempersiapkan dan menyampaikan perkiraan, anggaran, dan rencana biaya untuk proyek teknik sipil yang berlangsung.

Proyek tersebut bisa saja meliputi desain konstruksi maupun pemeliharaan struktur seperti jalan, gedung, waduk, bandara, jembatan, sistem saluran pembuangan limbah, terowongan, bendungan, dan masih banyak lagi.

17. Project Engineer

Project engineer dalam bidang Teknik Sipil berperan dalam merancang dan mengawasi pembangunan struktur dan bangunan publik.

Sebagai project engineer kamu akan menghabiskan waktu di lokasi untuk memastikan proyek dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai dengan anggaran. Selain itu juga mengarahkan pekerja di lapangan agar bisa memastikan proyek yang dibangun bisa sesuai dengan desain yang dibutuhkan.

18. Project Manager

Prospek kerja Teknik Sipil selanjutnya adalah bisa menjadi seorang project manager. Manajer proyek akan bertanggung jawab dalam memonitor sumber daya, pengelolan staf, mendelegasikan tugas kepada tim, mengawasi cakupan proyek dan pemeliharan terutama dalam bidang teknik sipil dan konstruksi.

19. Quality Control Engineer

Lulusan Teknik Sipil juga bisa berkarier sebagai quality control untuk bekerja di berbagai perusahaan maupun organisasi terutama yang berhubungan dengan bidang konstruksi.

Quality Control Engineer bertanggung jawab dalam pengujian produk dan menentukan apakah produk tersebut bisa memenuhi standar bisnis dalam hal keandalan, daya tahan, dan fungsionalitas. 

20. Construction Consultant

Construction consultant sangat penting dalam membantu klien mengawasi dan menilai biaya bangunan serta kontrak untuk proyek kontruksi.

21. Pengusaha

Bagi kamu lulusan teknik sipil yang sudah punya jiwa entrepreneur maka bisa mencoba bisnis mulai dari suatu hal kecil. Kamu juga bisa membuka peluang bisnis baru baik yang berhubungan dengan Teknik Sipil maupun yang tidak berhubungan.

22. TNI

Sebagai lulusan teknik sipil kamu bisa mendaftar menjadi perwira prajurit karier untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI). Untuk melakukan pendaftaran ke TNI kamu harus melakukan pengecekan terhadap website rekrutmen TNI karena bisa saja prodi yang dibutuhkan setiap tahun akan berbeda.

23. PNS

Lulusan Teknik Sipil juga sangat besar peluangnya bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebagai seorang PNS kamu bisa mendapatkan gaji yang akan meningkat sesuai dengan pangkat dan lama pengabdian.

24. Pengajar atau Dosen

Profesi sebagai pengajar atau dosen ini sangat cocok bagi lulusan Teknik Sipil yang punya passion di dunia pendidikan. Akan tetapi, untuk menjadi seorang dosen maka perlu melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi yaitu minimal pendidikan S2 hingga S3.

25. BUMN

Sebagai lulusan Teknik Sipil, kamu akan berpeluang bekerja di BUMN untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada. Ada banyak BUMN di Indonesia yang membutuhkan keahlian lulusan Teknik Sipil.

Beberapa contoh perusahaan BUMN di Indonesia antara lain PT Adhi Karya, PT Wijaya Karya, PT Waskita Karya, PT Jasa Marga, PT Kereta Api Indonesia, dan masih banyak lagi.

Gaji lulusan Teknik Sipil

Selain prospek kerja Teknik Sipil yang terbuka lebar, gaji lulusan Teknik Sipil juga cukup menggiurkan. Setiap tugas dari suatu pekerjaan akan mempunyai gaji yang berbeda sesuai dengan pengalaman kerja dan tingkat kesulitan dari pekerjaan yang sedang ditekuni.

Berdasarkan data dari Indeed, gaji rata-rata insinyur sipil di Amerika Serikat adalah sebesar $ 87.607 per tahun.

Jika dirupiahkan akan mendapatkan gaji sekitar Rp 1,32 Milyar (kurs 15.000/dollar) per tahun atau Rp 110,3 juta per bulan.

Berdasarkan data dari PayScale, gaji rata-rata lulusan Teknik Sipil di Indonesia adalah sebesar Rp 100 juta per tahun atau sebesar Rp 8,33 juta setiap bulan.

Kisaran gaji untuk setiap karier maupun job desk tentu saja berbeda karena akan tergantung dari pengalaman kerja dan kemampuanmu.

Itulah prospek kerja Teknik Sipil dan kisaran gaji lulusan Teknik Sipil. Informasi ini bisa menjadi wawasan tambahan bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan jurusan Teknik Sipil.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/25/180738971/25-prospek-kerja-terbaik-jurusan-teknik-sipil-dan-kisaran-gajinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke