Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendikbud Ristek: Jutaan Guru Telah Gunakan Platform Merdeka Mengajar

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengguna platform Merdeka Mengajar.

Belum lama ini platform Merdeka Mengajar diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) lewat Merdeka Belajar.

Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

"Terima kasih untuk lebih dari 1,2 juta pendidik sudah mengakses dan saling berbagi materi di platform Merdeka Mengajar, sebuah kanal bagi guru-guru untuk belajar, untuk mengajar, dan untuk berkarya serta mendukung implementasi Kurikulum Merdeka," ucap dia dalam keterangannya, Jumat (19/8/2022).

Selain itu, kata dia, ada sebanyak 3,2 juta pendidik dan dinas pendidikan di seluruh Indonesia telah mengakses berbagai platform teknologi dengan akun belajar.id.

Belajar.id yang dirilis di penghujung 2020, merupakan salah satu platform yang turut membantu akselerasi transformasi Pendidikan.

Sejumlah tenaga pendidik mengatakan, berkat platform Belajar.id, proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif.

Platform Belajar.id memberikan akses kepada para pengajar dan murid ke beragam aplikasi pendidikan, seperti alat-alat kolaborasi Google Workspace for Education, seperti Google Classroom, Google Meet, Google Chat, Google Drive, dan masih banyak lagi.

Mendikbud Nadiem juga menyampaikan terima kasih kepada 714 ribu mahasiswa, 2.600 perguruan tinggi, 2.700 mitra industri, dan 43 ribu praktisi yang telah berkolaborasi untuk mewujudkan terobosan Mereka Belajar Kampus Merdeka.

Nadiem juga berterima kasih kepada para pelopor yang telah percaya dan mulai memanfaatkan setiap ekosistem teknologi yang dibangun Kemendikbud Ristek.

"Sebanyak 364 ribu sekolah telah memanfaatkan terobosan teknologi Kemendikbudristek untuk menghadirkan transformasi pembelajaran yang menyeluruh bagi peserta didik," ungkap dia.

Mendikbud Ristek mengapresiasi capaian tersebut. Dia menilai teknologi telah membantu menggerakkan langkah bersama untuk mengakselerasi transformasi pendidikan.

Namun, dia menyadari bahwa masih banyak yang harus disempurnakan oleh Kemendikbud Ristek.

Dia mengaku, transformasi pendidikan yang tidak mudah diputarbalikkan memerlukan gotong royong dan kolaborasi semua pihak untuk menghadirkan lompatan kemajuan.

"Ini awal dari perjalanan yang sangat panjang menuju pembelajaran yang jauh lebih relevan, pembelajaran yang jauh lebih merdeka, dan pembelajaran yang jauh lebih menyenangkan untuk semua pelajar di Indonesia," jelas Mendikbud Ristek.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/08/19/135541871/mendikbud-ristek-jutaan-guru-telah-gunakan-platform-merdeka-mengajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke