Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelaksanaan Ospek, UB Jamin Tidak Ada Perpeloncoan ke Mahasiswa Baru

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) bakal menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) atau ospek secara hybrid selama 16-21 Agustus 2022.

Pelaksanaan ospek di hari pertama akan diikuti sebanyak 500 mahasiswa yang hadir langsung di Lapangan Rektorat UB. Sedangkan sisanya sebanyak 15.179 mahasiswa mengikuti secara daring.

Presiden Mahasiswa UB, Nurcholis Mahendra berharap mahasiswa baru bisa mengikuti PKKMB dengan baik sebagai gerbang awal untuk mengenal UB, organisasi kampus, pertemanan, dan perbedaan budaya.

Dia menjamin dalam pelaksanaan PKKMB UB tidak ada perundungan atau perpeloncoan yang dilakukan panitia ke mahasiswa baru.

Hal tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Rektor Nomer 63 tahun 2022 tentang PKKMB tahun akademik 2022/2023.

"Kita tidak akan melakukan pembentakan untuk mobilisasi mahasiswa. Panitia memberlakukan peserta dengan humanis," ucap dia melansir laman UB, Selasa (16/8/2022).

Rektor UB, Prof. Widodo mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru Adicitta 60 sebagai bagian penting dari UB.

Selama berada di UB, mereka akan dibimbing para dosen yang terdidik di bidang ilmunya dengan kualitas sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing.

"Harapannya mahasiswa akan lulus dengan kemampuan dan keahlian ilmiah, sikap, dan integritas terampil serta terpuji, tidak saja sebagai job seeker (pencari kerja), tetapi sebagai job creator (pencipta pekerjaan)," jelas dia.

Koordinator Ormawa UB, Eriko Prawestiningtyas menjelaskan, prosesi penerimaan mahasiswa baru hanya berlangsung sampai jam 11.00 WIB.

Sedangkan hari kedua dan ketiga baru dilakukan secara blended dan dibagi empat sesi.

Setiap sesinya diikuti secara luring oleh 750 mahasiswa baru di Gedung Samantha Krida sedangkan sisanya mengikuti daring melalui Google Meet dan Zoom.

"Mahasiswa yang telah selesai sesinya tidak berkewajiban untuk tetap di UB, jadi bisa mengikuti sesi selanjutnya secara daring," jelas dia.

Untuk mendukung terselenggaranya PKKMB secara daring, panitia telah menyiapkan 144 operator.

Operator ini nantinya bukan hanya bertanggung jawab secara teknis tapi juga diharapkan menjadi pengawas terselenggaranya PKKMB secara daring.

"Untuk panitia operator yang akan mengawasi kegiatan Maba secara daring akan ada Bimtek (Bimbingan Teknis) yang salah satu materinya dari Unit Konseling dan Pencegahan Kekerasan Seksual," ungkapnya.

Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran UB ini menyampaikan kepada panitia mahasiswa yang diwakili unsur EM dan DPM, tidak ada mobilisasi mahasiswa menuju gerbang ke luar, cukup diarahkan keluar dari gedung acara.

Selain itu juga tidak diperkenankan melakukan mobilisasi mahasiswa berdasarkan fakultas sebelum memasuki lapangan.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/08/16/205833471/pelaksanaan-ospek-ub-jamin-tidak-ada-perpeloncoan-ke-mahasiswa-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke