Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip 6 Manfaat Ikut Kegiatan Outbound bagi Siswa

KOMPAS.com - Kegiatan pembelajaran bagi siswa tidak hanya dilakukan di dalam kelas tetapi juga di luar kelas.

Bagi siswa di tingkat dasar seperti PAUD maupun TK pasti senang jika diajak melakukan kegiatan di alam terbuka.

Salah satunya mengikuti kegiatan outbound. Kegiatan outbound bahkan bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas.

Kegiatan outbound ini memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk menumbuhkan kemandirian dan keberanian anak dalam mengikuti berbagai tantangan yang seru, dan menyenangkan seperti flying fox.

Berbagai games menarik juga bisa dilakukan misalnya spider web, bulldozer, tangkap ikan, dan masih banyak lagi permainan lainnya.

Berbagai permainan yang terdapat dalam kegiatan outbound tersebut juga dianggap efektif membangun karakter anak.

Mulai dari melatih kemandirian anak dengan outbound mampu menstimulasi anak menjadi generasi yang mandiri, tangguh, pemberani.

Melansir dari laman TK Istiqamah Bandung, Selasa (16/8/2022) kegiatan outbound bukan hanya sekadar bermain saja. Namun terdapat beberapa manfaat yang didapat anak yaitu untuk melatih kemandirian, keberanian, dan meningkatkan kecerdasan pada anak. Berikut 6 manfaat ikut outbound bagi siswa yang perlu diketahui:

6 Manfaat penting outbound bagi siswa

1. Menumbuhkan kepercayaan diri

Siswa yang awalnya punya sifat pemalu, penakut, dan kurang percaya diri, ketika mengikuti kegiatan outbound dan berhasil menyelesaikan berbagai permainan yang menantang tentu akan membuat dirinya merasa senang dan bangga. Hal tersebut membuat kepercayaan diri anak semakin baik.

2. Membangun kerjasama

Kegiatan outbound biasanya dilakukan secara berkelompok. Tentu saja hal ini menjadi tantangan tersendiri, bagaimana peserta harus bekerja sama dan dituntut tetap kompak dan dapat menyelesaikan permainan dengan baik.

3. Mengembangkan kemampuan sosial

Manfaat lain yang diperoleh siswa dengan ikut outbound adalah bisa menjalin interaksi sosial antara siswa satu dengan siswa lainnya atau antara siswa dan instruktur. Hal ini akan mengembangkan kemampuan sosial siswa.

Pasalnya tanpa skill tersebut kelak ketika anak sudah tumbuh menjadi besar akan susah bergaul dengan temannya.

4. Menghilangkan kejenuhan

Tak bisa dipungkiri dengan mengikuti pembelajaran di kelas terus menerus, siswa akan merasa bosan. Saat berada di area outbound ada wahana permainan yang bisa dicoba para siswa. Wahana permainan biasanya dibuat seru dan menyenangkan dengan tujuan untuk menghilangkan kejenuhan siswa dari rutinitas sekolah.

5. Menjadi sarana hiburan

Pembelajaran yang dilakukan di outdoor pastinya memberi suasana yang berbeda. Karena itu membawa siswa berkunjung di alam bebas dan mengikuti semua permainan di arena outbound menjadi salah satu sarana hiburan yang cukup efektif. Selain itu siswa juga siswa bisa merasakan bermain pun anak bisa sambil belajar.

6. Menumbuhkan rasa cinta pada alam

Outbound dilakukan di alam bebas maka akan mendekatkan anak dengan alam. Kegiatan outbound melibatkan kekuatan fisik dan pergerakan semua otot yang dapat membantu tumbuh kembang anak.

Kegiatan outbound di alam terbuka dapat meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat, membentuk pola pikir yang kreatif.

Selain itu juga bisa meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Serta melatih kemandirian anak supaya menjadi anak yang tangguh, mandiri, dan pantang menyerah.

Itulah manfaat ikut outbound bagi siswa. Meski berkegiatan di alam bebas, siswa juga bisa mendapat banyak wawasan baru apabila mengikuti kegiatan outbound.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/08/16/060500271/intip-6-manfaat-ikut-kegiatan-outbound-bagi-siswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke