Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

KOMPAS.com - Seiring majunya teknologi, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) juga makin diminati para calon mahasiswa.

Saat ini berbagai bidang industri kerja, semuanya terkaitan dengan teknologi. Sehingga kebutuhan kualitas SDM (sumber daya manusia) yang kompeten di bidang itu pun meningkat.

Tren dunia IT (Information Technology) seringkali menjadi tujuan utama generasi muda memilih jurusan kuliah yang tepat dengan mempertimbangkan prospek karier setelah lulus kuliah.

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak tentunya, dapat memasuki semua bidang industri kerja, karena tidak hanya membahas seputar software computer.

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak juga mempelajari pemrograman. Mulai dari website, android, hingga dekstop. Tidak hanya itu saja, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak juga melirik pembuatan game dan memecahkan berbagai masalah melalui algoritma.

Melansir dari laman Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), Jumat (12/8/2022) memberikan penjelasan tentang jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Yuk simak informasinya berikut ini:

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

1. Prospek kerja jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Berkat keahliannya, lulusan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) memiliki prospek kerja yang sangat luas. Lulusan jurusan ini selalu dicari berbagai perusahaan.

Peluang karier jurusan Rekayasa Perangkat Lunak bisa melingkupi, software engineer/programmer, mobile computing developer, IT Consultant, System analyst, game developer, software tester dan masih banyak lagi prospek karier lainnya.

2. Semua perusahaan membutuhkan tenaga IT

Setiap perusahaan atau industri bahkan instansi pemerintahan pasti membutuhkan tenaga IT. Disinilah peran lulusan RPL sangat diperlukan. Misalnya saja seorang programmer yang membantu membuatkan semua sistem aplikasi yang diperlukan oleh perusahaan untuk memudahkan pekerjaan mereka.

3. Bisa menjadi startup founder

Berkat keahlian yang dimiliki, lulusan Rekayasa Perangkat Lunak tidak harus bersusah payah melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Pasalnya keahlian dalam bidang coding dan membuat berbagai web atau aplikasi menjadi nilai jual bagi lulusan ini untuk mantap mendirikan perusahaan startup.

4. Kerja tidak harus berangkat ke kantor

Menjadi idaman anak muda bisa bekerja dengan cara yang fleksibel. Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak membuktikan bahwa kerja tidak hanya harus di kantor. Bidang pekerjaan yang bisa disusupi oleh jurusan ini seperti programmer, bisa dilakukan dimana saja.

Adanya pandemi Covid-19 ini, juga menjadi salah satu hal menguntungkan bagi lulusan Rekayasa Perangkat Lunak karena beberapa perusahaan ada yang masih menerapkan WFH (work from home) atau remote working.

5. Gaji yang dimiliki cukup besar

Jika tujuan utama bekerja adalah masalah nominal gaji, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak layak dipertimbangkan. Jurusan ini memiliki gaji yang cukup besar perbulannya.

Profesi cloud computing engineers memiliki range gaji hampir Rp 10 juta per bulan. Bahkan situs payscale.com menjabarkan bahwa profesi Information Technology Leadership memiliki gaji berkisar Rp 12 juta per bulannya.

Itulah penjelasan mengenai jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Calon mahasiswa yang masih ragu-ragu memilih jurusan, bisa menjadikan Rekayasa Perangkat Lunak menjadi alternatif dalam memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/08/12/144626371/intip-prospek-kerja-dan-gaji-lulusan-jurusan-rekayasa-perangkat-lunak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke