Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Pertimbangan UB Kasih Gelar Doktor Kehormatan untuk Surya Paloh

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (UB) menganugerahkan gelar doktor kehormatan atau Honoris Causa (H.C) bidang Sosial Politik kepada Surya Dharma Paloh di Gedung Samantha Krida UB, pada Senin (25/7/2022).

Dekan FISIP UB, Dr. Sholih Mu’adi menuturkan, pemberian gelar Doktor Kehormatan kepada Surya Paloh merupakan yang pertama dilakukan FISIP UB.

Oleh karena itu, penyematan gelar kehormatan dilakukan dengan penuh pertimbangan.

"Doktor Kehormatan diberikan kepada seseorang yang dianggap bukan saja memiliki jasa besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan melalui gagasannya, tapi juga karena seseorang tersebut memiliki tindakan atau jasa yang luar biasa bagi perkembangan kemajuan atau kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa Indonesia secara khusus dan umat manusia pada umumnya," ucap Sholih melansir laman UB.

Dia menyampaikan, terdapat empat pertimbangan untuk pengusulan gelar Doktor Kehormatan kepada Surya Paloh.

Pertama, Surya Paloh, sebagai tokoh yang telah berpengalaman di dunia pers dan media, telah terbukti berjasa dan berperan aktif dalam meneguhkan demokratisasi di Indonesia melalui inovasi di bidang pers dan media.

"Tindakannya ini mampu mendorong diseminasi informasi publik secara inklusif sehingga memungkinkan hadirnya ruang publik yang lebih egaliter bagi masyarakat luas," ucap dia.

Pertimbangan kedua adalah Surya Paloh menjadi salah satu pimpinan sebuah partai di Indonesia yang telah berjasa mendorong iklim politik kebangsaan lebih berintegritas, dengan memperkenalkan gagasan Restorasi Indonesia dan tradisi baru, yakni politik tanpa mahar.

Alasan ketiga, yaitu Surya Paloh sudah membuktikan dedikasinya pada bidang kemanusiaan dan budaya yang ditunjukkan melalui misi penyelamatan WNI yang disandera kelompok militan di Filipina.

Sedangkan pertimbangan terakhir, karena sosok Surya Paloh secara sah telah diakui sebagai seorang negarawan oleh pemerintah, baik sebagai tokoh pers maupun seorang yang telah luar biasa berjasa di bidang jurnalistik, politik, budaya, dan kemanusiaan.

Dia menyebut, peran Surya Paloh sangat bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa dan negara.

Itu dibuktikan dengan pernah menerima anugerah tanda kehormatan Bintang Mahaputera Utama oleh Presiden Republik Indonesia sebagai Tokoh Pers Nasional.

"Surya Paloh juga pernah menerima gelar kehormatan adat dari banyak daerah di Indonesia dan tokoh komunikasi lintas budaya. Bahkan dia juga dianugerahi Profesor Kehormatan dari Beijing Foreign Studies University, China," jelas dia.

Saat menerima gelar Doktor Kehormatan dari UB, Surya Paloh menyampaikan orasi ilmiah berjudul "Meneguhkan Politik Kebangsaan".

https://www.kompas.com/edu/read/2022/07/25/150241671/4-pertimbangan-ub-kasih-gelar-doktor-kehormatan-untuk-surya-paloh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke