Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendikbud Dorong Mahasiswa Ikut Wirausaha Merdeka, Ini Link Pendaftarannya

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) secara resmi meluncurkan program Wirausaha Merdeka, Jumat (15/7/2022).

Adapun program yang diluncurkan tersebut jadi bagian dari implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menurut Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, saat ini Indonesia memiliki jumlah wirausahawan paling rendah di Asia Tenggara, yaitu hanya 3,4 persen dari total penduduk Indonesia.

Karena itulah dengan adanya program Wirausaha Merdeka, diharapkan mahasiswa nantinya tidak hanya mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan terbaik saja, tapi juga bisa menjadi pendiri perusahaan dan membuka banyak lapangan kerja di Indonesia.

"Kami ingin agar adik-adik mahasiswa dapat membangun pola pikir (mindset) dan semangat berwirausaha," tutur Nadiem Makarim seperti dikutip dari keterangan tertulisnya.

Diharapkan, mahasiswa berani mencoba merealisasikan ide untuk memulai bisnis, mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, dan tidak mudah menyerah jika mengalami masalah atau kegagalan.

Asah jiwa wirausaha mahasiswa

Dikatakan, program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah jiwa kewirausahaan, keterampilan nonteknis (soft skills), dan manajerial.

Serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS).

"Selama program, diharapkan mahasiswa dapat menerapkan pelajaran yang mereka dapat di Perguruan Tinggi Pelaksana Program (PTPP), serta mengembangkan ide bisnis yang solutif dan relevan dengan pendidikan mereka," harapnya.

Di samping itu, pihaknya juga menyadari pentingnya bimbingan (mentorship) dan koneksi bagi mahasiswa dalam memulai bisnis. Maka, program ini menitikberatkan keterlibatan industri dan praktisi bisnis.

Diharapkan pula, para peserta yang ikut program ini nantinya bisa mendapatkan bimbingan dari orang-orang berpengalaman dan benar-benar tahu bagaimana cara mengembangkan bisnis mereka secara nyata.

Adapun target jumlah mahasiswa yang mengikuti program Wirausaha Merdeka angkatan pertama ialah sebanyak 10 ribu peserta.

Link pendaftaran Wirausaha Merdeka

Sementara Kepala Program Wirausaha Merdeka tahun 2022, Wachyu Hari Haji, berharap, melalui program ini mahasiswa program diploma maupun sarjana dapat terus berkarya dan berani berinovasi bersama mitra yang relevan.

Terutama dalam hal kontribusi kepada masyarakat luas terkait penyediaan lapangan kerja di wilayah setempat.

"Generasi muda kita punya banyak potensi menjadi pengusaha, terkadang mereka hanya kurang dukungan lingkungan dan bimbingan yang bersifat teknis sehingga seringkali ragu untuk memulai," terang Wachyu.

Bagi para mahasiswa yang berminat dengan program ini bisa mendaftar dari laman www.wirausahamerdeka.id dengan mengisi data-data sesuai persyaratan, dan nanti mahasiswa akan mengikuti tahapan seleksi oleh PTP.

Untuk penetapan mahasiswa peserta program akan dilakukan pada Agustus mendatang dan pelaksanaan program dimulai pada bulan yang sama hingga bulan November 2022.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/07/16/120337171/mendikbud-dorong-mahasiswa-ikut-wirausaha-merdeka-ini-link-pendaftarannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke