Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rektor USU akan Perluas Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru pada 2023

KOMPAS.com - Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik (SA), dan Dewan Guru Besar (DGB) yang membahas tentang pembenahan akademik di USU.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang sidang senat Gedung Administrasi Biro Pusat USU, pada Rabu (6/7/2022).

Rektor USU mengatakan, USU akan membenahi dalam bidang akademik, salah satunya penerimaan mahasiswa baru.

Di tahun ini USU akan membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Pada 2023, USU akan memperluas jalur penerimaan mahasiswa baru, terutama untuk siswa yang berprestasi agar bisa lolos ke USU lewat jalur prestasi yang ada.

"USU akan memperluas jalur penerimaan mahasiswa baru, agar siswa yang berprestasi bisa masuk dan memilih USU sebagai kampus mereka," ujar dia melansir laman USU, Kamis (7/7/2022).

Rektor USU juga mengatakan, nantinya akan ada rencana perubahan program studi D3 menjadi vokasi D4.

Lalu, akan dibuat menjadi ilmu terapan yang menuju ke hasil bumi terutama hasil bumi Sumatera Utara.

Dan hal ini akan di tetapkan untuk semua fakultas yang ada di USU.

"Akan ada rencana perubahan program studi D3 menjadi D4 di seluruh fakultas yang ada di USU," jelas dia.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) USU, Dr. Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir mengatakan, dengan adanya rapat koordinasi antara MWA, Senat Akademik, dan Dewan Guru Besar maka akan adanya pembenahan, sehingga kampus bisa menjadi lebih baik.

Dan pembenahan ini, kata dia, untuk memenuhi kepentingan kampus terutama untuk kepentingan mahasiswa.

"Akan ada pembenahan kampus sehingga kepentingan kampus terpenuhi teutama untuk kepentingan mahasiswa," jelas dia.

Selaras dengan hal tersebut, Ketua Senat Akademik USU, Prof. Suwarto mengatakan, bahwa akan ada proses pembenahan dalam persiapan akreditasi.

Karena, ada beberapa prodi di fakultas USU untuk dapat melengkapi standar yang ada, agar dapat menaikkan nama USU di tingkat nasional maupun internasional.

"Dalam mempersiapkan akreditasi perlunya standar yang lengkap agar USU dapat menaikkan nama di tingkat nasional maupuan internasional," ucap Prof. Suwarto.

Sekretaris Dewan Guru Besar USU, Prof. Tamrin menambahkan, untuk memajukan USU, Dewan Guru Besar menetapkan bahwa semua dosen yang ada di USU harus menuangkan ide pikirannya untuk menulis jurnal agar terdaftar di scopus terlebih khusus di tingkatan Quartile satu (Q1) atau minimal Quartile dua (Q2).

"Semua dosen di USU harus menuangkan idenya untuk menulis jurnal agar terdaftar di scopus dalam tingkatan Q1 atau Q2," kata Prof. Tamrin.

Dia pun berharap agar internet USU lebih baik dan cepat dan memperhatikan infrastruktur di USU, terutama di bagian laboraturium agar mahasiswa mempunyai alat yang lengkap untuk penelitian ataupun belajar.

"Dengan adanya kelengkapan infrastruktur maka diharapkan USU mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional," tukas dia.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/07/07/081009171/rektor-usu-akan-perluas-jalur-penerimaan-mahasiswa-baru-pada-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke