Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa, Ini 4 Cara Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami

KOMPAS.com - Jika wajah berjerawat tentu akan mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang. Karenanya, wajah juga harus dirawat dengan baik.

Pada dasarnya, jerawat bukanlah penyakit berbahaya. Tetapi, jerawat dapat meninggalkan bekas-bekas luka yang seringkali menurunkan rasa percaya diri dan membuat tidak nyaman.

Tak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke dokter agar jerawat bisa hilang. Padahal sebenarnya ada cara yang tidak harus dengan mengeluarkan banyak uang, yaitu dengan menjaga kebersihan wajah.

Selain dengan menjaga kebersihan wajah, jerawat dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Tentu saja cara tersebut tidak harus mengeluarkan banyak uang karena bahannya tersedia di alam dan mudah dicari.

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), berikut bahan-bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Cara ini bisa dilakukan pelajar atau mahasiswa serta masyarakat umum:

1. Es batu

Ternyata, es batu juga dapat mengurangi peradangan pada jerawat. Tentu dengan cara membungkus es dengan kain kemudian menempelkan pada bagian jerawat.

Cara ini dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat. Tapi, kain yang digunakan juga harus bersih.

2. Mentimun

Selain dapat mengatasi mata bengkak, mentimun juga membantu mengurangi pembengkakan pada jerawat, dan memberikan sesansi dingin pada kulit wajah.

Tak hanya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, mentimun juga memiliki kandungan vitamin dan asam amino di dalamnya. Dimana kandungan tersebut dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami.

3. Lidah buaya

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah lidah buaya.

Kandungan polifenol yang terdapat pada lidah buaya berperan sebagai pembasmi jerawat dan dapat menghilang secara menyeluruh apabila digunakan secara teratur.

Adapun cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada jerawat di wajah.

4. Bawang putih

Cara mengatasi jerawat berikutnya ialah dengan bawang putih. Kandungan zat sulfur yang terkandung dalam bawang putih dipercaya mampu menghilangkan jerawat dengan cepat.

Cara menggunakannya sama dengan menggunakan masker. Agar perawatan yang dijalani dapat memperoleh hasil yang maksimal, perbaiki juga pola hidup dengan makan makanan sehat.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/07/02/130216071/mahasiswa-ini-4-cara-mengatasi-jerawat-dengan-bahan-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke