Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemkab Bolaang Mongondow Selatan Gandeng UT Tingkatkan Kompetensi SDM Daerah

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) dan Pemerintahan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjalin kerja sama dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Penandatanganan kerja sama dilakukan secara daring pada 25 Mei 2022 di Wisma UT, Tangerang Selatan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan H. Iskandar
Kamaru mengungkapkan, rencana kerja sama dengan UT sebenarnya telah lama digagas namun baru dapat terwujud karena terkendala pandemi Covid-19.

"Dari 257 guru, baru 81 yang sarjana S1, sisanya sejumlah 176 guru belum S1. Para guru ini akan mengalami kendala di depan yaitu tidak bisa mengajar bila tidak menjadi sarjana. Untuk itu sekitar 100 lebih guru tersebut akan kuliah di UT," jelas Iskandar Kamaru.

Selain peningkatan kualitas guru, Bupati Bolaang Mongondow Selatan juga menyampaikan, kerja sama peningkatan SDM juga akan dilakukan pada aparatur, antara lain asisten pemda dan aparat desa yang membutuhkan peningkatan pendidikan.

"Mantan Bupati kami, Bapak Bolsel Herson Mayulu, S.1.P. yang anggota DPR RI dari Dapil
Sulawesi Utara, adalah alumni UT. Beliau yang menggagas agar masyarakat Kabupaten
Bolaang Mongondow Selatan untuk kuliah di UT," ujar Iskandar Kamalu.

"UT termasuk peramal yang luar biasa, UT telah melakukan model pembelajaran online
dari dulu, sehingga pembelajaran online sudah tidak asing lagi bagi UT saat pandemi
kemarin di mana universitas-universitas lain baru memulai," ungkap Bupati.

"UT seperti memahami tanda-tanda jaman," tambahnya.

Bupati juga berharap, pihak rektorat dan jajaran UT dapat berkunjung ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan memberikan sosialiasi dan edukasi tentang proses pembelajaran.

"Setelah kunjungan kami, masyarakat kami semoga makin berminat kuliah di UT. "Target awal, untuk yang kuliah di Program Studi S1 PAUD selanjutnya untuk yang kuliah S2 dan S3," papar Iskandar.

Terkait kerja sama ini, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, Rahmat Budiman menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Pemkab Bolaang Mongondow Selatan kepada Universitas Terbuka untuk menginisiasi stafnya berkuliah di UT.

Ia menjelaskan, Beasiswa Tugas Belajar (TB) melalui APBN Pemkab Bolaang Mongondow Selatan pada S1 Program Studi Pendidikan Usia Dini (PAUD) akan diberikan kepada sebanyak 176 guru PAUD di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Rahmat Budiman juga menyampaikan pesan Rektor UT untuk bersama-sama mencerdaskan bangsa.

"Tugas ini adalah tugas bersama, dan UT siap memberikan layanan terbaik untuk peningkatan DM di Pemkab Bolaang Mongondow Selatan. Kami siap hadir di kantor Pak Bupati, sehingga kerjasama diharapkan makin erat," jawab Rahmat menanggapi undangan Bupati.

8 bidang kerja sama

Adapun ruang lingkup kerja sama antara UT dan Pemkab Bolaang Mongondow meliputi 8 bidang, yakni:

Turut hadir dalam perjanjian kerja sama dari Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Asisten Umum dan Kemasyarakatan Rikson Paputungan, Kepala BKPSDM Ahmadi Modeong, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sandi Pratama Lamato, Kasub Protokol Irfan Eyato Nurlis Aliu, Abdul Ahmad Pakaya, dan Ajudan Bupati Mari Tangahu, Umarudin Moha Rommi Mohi.

Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rante Hattani, beserta jajarannya yaitu Rahmawaty Mokodompit, Irma Paputungan, Idwan Ladjolai, Rizal Ahmadi, dan Ivonne Pricilia Hamidu.  

https://www.kompas.com/edu/read/2022/05/26/134758171/pemkab-bolaang-mongondow-selatan-gandeng-ut-tingkatkan-kompetensi-sdm-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke