Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UB Buka Jalur Nilai Rapor 2022, Simak Syarat, Biaya, Jadwal

KOMPAS.com - Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya Jalur Nilai Rapor telah dibuka. Calon peserta bisa melakukan pendaftaran secara online sampai 24 Juni 2022 pukul 23.59 WIB.

Dilansir dari laman resmi UB, Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) ini merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya.

Menggunakan nilai rapor serta prestasi akademik dan non-akademik, siswa akan diseleksi secara ketat oleh UB.

Jalur Nilai Rapor ini bisa diikuti oleh Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022, Setiap pendaftar hanya dapat memilih maksimal dua program studi dari kelompok saintek atau kelompok soshum.

Aturan mengenai SMUB Jalur Nilai Rapor dituangkan dalam Pengumuman Nomor : 6176/UN10/PP/2022 Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya Jalur Nilai Rapor Tahun 2022 yang ditandatangani Rektor Universitas Brawijaya, Prof Nuhfil Hanani AR.

Berikut persyaratan lengkap Seleksi Mandiri Jalur Nilai Rapor Universitas Brawijaya:

Persyaratan SMUB Jalur Nilai Rapor 2022

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020, 2021 dari sekolah terakreditasi yang sudah memiliki ijazah

3. Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2022 dari sekolah terakreditasi wajib memiliki SKL (Surat Keterangan Lulus) atau Surat Keterangan Kelas XII yang ditandatangani Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto). Adapun ukuran foto pada surat keterangan menyesuaikan format masing-masing sekolah. Lulusan Tahun 2022 yang nantinya dinyatakan diterima wajib mengunggah dokumen kelulusan (SKL/Ijazah) pada saat registrasi, siswa yang tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan maka akan dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya

4. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri wajib memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kemdikbud

5. Memiliki NISN yang terdaftar NPSN

6. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya

Pilihan Program Studi SMUB Jalur Nilai Rapor 2022

Program studi yang ditawarkan terdiri dari tiga kelompok yaitu kelompok saintek, kelompok soshum dan campuran. 

Setiap pendaftar hanya dapat memilih maksimal dua program studi dari kelompok saintek atau kelompok soshum dan memenuhi syarat dari masing-masing program studi pada Kelompok PS D3, D4 atau Sarjana. 

Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA dapat memilih dua program studi campuran yaitu 1 (satu) kelompok saintek dan satu dari kelompok soshum. atau keduanya dibidang saintek atau soshum kelompok PS D3, D4 atau Sarjana. 

Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPS hanya dapat memilih 2 (dua) program studi dari kelompok soshum kelompok PS D3, D4 atau Sarjana. 

Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. 

Program studi yang ditawarkan dan syarat dari masing-masing program studi dapat dilihat di laman Selma UB. 

Bagi peserta yang memilih Program Studi Sarjana Seni Rupa Murni atau D4 Desain Grafis, wajib mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan.
  • Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan.
  • Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D (seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, karakter figure).
  • Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB
  • Peserta wajib menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio SMUB 2022
  • Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian.

Khusus bagi pendaftar yang memilih Program Studi D3 Keuangan Perbankan – Bidang Minat Perbankan, terdapat tambahan persyaratan:

  • Berpenampilan menarik (good looking)
  • Tinggi badanperempuan minimal 160 cm, laki-laki minimal 165 cm. Berat badan proporsional.
  • Ramah, komunikatif, bahasa tubuh dan bahasa verbal baik.
  • Mengirimkan pas foto berwarna ukuran 4×6, foto seluruh badan ukuran post card (harus terlihat dari atas kepala hingga kaki), diunggah pada laman pendaftaran, dan video perkenalan diri full body (bisa dengan format TikTok) tentang latar belakang pendidikan, keluarga, motivasi dll. Menggunakan pakaian formal yaitu untuk laki-laki (kemeja, dan jas), untuk perempuan (kemeja, dan blazer), dengan durasi maksimum 1 menit.
  • Video diunggah di Google Drive menggunakan akun pribadi masing-masing kemudian dibagikan (share)
  • Tautan url dari video tersebut dilampirkan pada pendaftaran online.

Jadwal SMUB Jalur Nilai Rapor 2022

Pembayaran biaya pendaftaran jalur Rapor

  • Pengisian data nilai Rapor dan finalisasi pendaftaran: 17 Mei 2022 (pukul 13.00 WIB) s/d 24 Juni 2022 (pukul 23.59 WIB)
  • Pengumuman hasil seleksi Mandiri Jalur Rapor 26 Juni 2022 (pukul 18.00 WIB)

Biaya Pendaftaran SMUB Jalur Nilai Rapor

  • Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UB 2022 adalah sebesar Rp 350.000.

Nilai Rapor SMUB Jalur Nilai Rapor 2022

1. Ketentuan pengisian data nilai rapor pada bagian pengetahuan adalah sebagai berikut: Nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan rata-rata nilai mata pelajaran peminatan/jurusan/kompetensi (petunjuk detil ada pada link pendaftaran). Matematika Minat tidak masuk dalam perhitungan rata-rata.

2. Nilai yang diisikan adalah nilai pada tiga semester dengan ketentuan sebagai berikut:
Kelas reguler mengunggah berkas rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1 (diurutkan semester 3, 4, dan 5) yang telah dilegalisir sekolah.
Kelas akselerasi 2 tahun (4 semester) mengunggah berkas rapor kelas X semester 1 dan 2, kelas XI semester 1 (semester 1, 2 dan 3) jika punya nilai 6 semester ketentuan sama dengan reguler yang telah dilegalisir sekolah.
Kelas akselerasi 6 semester mengunggah berkas rapor kelas X semester 3 dan kelas XI semester 1 dan 2 (semester 3, 4, dan 5) yang telah dilegalisir sekolah.

Nilai Akreditasi SMUB Jalur Nilai Rapor 2022

Mengisi nilai akreditasi sekolah dan jurusan (bagi SMK) yang masih berlaku (dapat dikonfirmasi pada pihak sekolah/guru BK) dalam bentuk huruf dan angka.

Tata cara pendaftaran SMUB Jalur Nilai Rapor 2022

  • Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id
  • Memilih Seleksi Mandiri UB Jalur Nilai Rapor 2022 pada halaman dashboard

https://www.kompas.com/edu/read/2022/05/18/083328371/ub-buka-jalur-nilai-rapor-2022-simak-syarat-biaya-jadwal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke