Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Kuliah di UNSW Sydney? Ikuti Jalur Internasional Uniprep Ini

KOMPAS.com - Global Flow of Tertiary-Level Students yang dikeluarkan Unesco Institute for Statistics 2021: menunjukkan Australia masih menjadi tujuan favorit para siswa Indonesia tempuh pendidikan tinggi mereka di luar negeri.

Dari 53.604 siswa Indonesia yang studi di luar negeri, sebanyak 13.880 memilih Australia sebagai negara tujuan studi diikuti oleh Malaysia dan Amerika di posisi ketiga.

Australia juga merupakan satu dari 10 negara terbaik dalam hal kualitas hidup dan melanjutkan pendidikan berdasarkan U.S. News and World Report's 2021.

Setelah menyelesaikan pendidikan di luar negeri, para lulusan akan memiliki banyak peluang karir di berbagai perusahaan multinasional baik di Indonesia ataupun di negara tempat berkuliah.

Perusahaan multinasional tentunya akan lebih tertarik terhadap kandidat yang memiliki reputasi gelar akademik, fasih berbahasa Inggris, serta tidak awam dengan pergaulan dan dunia internasional.

Popularitas Australia bukan saja karena negara yang berdekatan dengan Indonesia, tapi memang sistem pendidikan di Australia berada di jajaran terdepan dalam hal kualitas, reputasi dan profesionalitas, serta memiliki reputasi akademis yang baik di mata industri global.

Banyak universitas di Australia yang masuk dalam jajaran peringkat universitas terbaik dunia, salah satunya adalah the University of New South Wales (UNSW), Sydney yang masuk dalam peringkat 50 besar dunia.

Tidak heran banyak pelajar dari Indonesia yang menjadikan UNSW sebagai pilihan utama universitas mereka di Australia.

Untuk mendapatkan kesempatan menjadi pelajar di UNSW bukan perkara yang mudah, karena semakin baik reputasi universitas yang dituju maka persyaratan juga semakin berat.

UNSW juga merupakan bagian dari Go8 (Group of Eight Australian Universities/Kelompok 8 Universitas Australia) dan menduduki peringkat tertinggi untuk kualitas dan penelitian.

Oleh karenanya para siswa di Indonesia dapat mengikuti Program Foundation sebagai program pra-universitas yang ditujukan bagi pelajar di Indonesia mempersiapkan akademik mereka menuju universitas di Australia khususnya UNSW.

Tujuan dari program ini adalah mempersiapkan para siswa dengan kemampuan pemecahan masalah dan soft skill untuk studi lanjut program sarjana, memperkuat level bahasa Inggris, melatih kepercayaan diri dan kemandirian, serta persiapan dan penyamaan kurikulum agar para siswa dapat beradaptasi dengan perkuliahan tingkat sarjana di UNSW.

Di Indonesia para siswa dapat mengikuti Program Foundation yang ditawarkan oleh Uniprep, salah satu unit Pendidikan dari USG Education yang bergerak sebagai penyelenggara pendidikan internasional terintegrasi di Indonesia.

Uniprep hadir sebagai program pra-universitas Internasional atau Foundation Studies bagi para siswa di Indonesia.

Bermitra dengan UNSW Global sejak 1994, Uniprep memberikan kualitas belajar mengajar terbaik dalam menyediakan jalur internasional bagi para lulusan SMA dan pelajar Indonesia untuk menggapai mimpi besar mereka menuju the University of New South Wales (UNSW), Sydney.

Program Uniprep menawarkan beberapa area studi seperti Physical Science, Commerce, Actuarial Studies, Arts & Social Sciences, serta Design & Architecture.

Dengan mengikuti program Uniprep para siswa selama 8 bulan akan mendapatkan landasan akademik, keterampilan belajar, serta kecakapan bahasa Inggris yang diperlukan untuk sukses di UNSW Sydney, dengan demikian para siswa akan memahami gaya pengajaran di UNSW dan menyesuaikan diri dengan sistem pengajaran Australia sebelum perkuliahan dimulai.

Semua pembelajaran, kurikulum, dan standar yang ada di Uniprep sesuai dengan UNSW Foundation Year yang ada di Australia.

"Bahkan ujian semester serta proses penilaian juga dikirim dan dilakukan langsung dari Australia," ucap USG Education Head of Academics Ario Muliawan dalam keterangan resminya, Rabu (11/5/2022).

"Pembentukan kultur berpikir siswa yang independen, kreatif dan berkarakter masyarakat dunia juga dikemas dalam program UNSW Young Leaders Program yang mengacu kepada komunikasi, kepemimpinan, kemampuan bahasa Asing dan sebagainya," tambah Ario.

Untuk mengikuti program Uniprep ini, para siswa dapat memilih diantara 4 lokasi kampus yang dimiliki oleh USG Education, yaitu di Pondok Indah, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk (PIK) serta Bumi Serpong Damai (BSD).

Business Development Manager TNE dari UNSW Global, Michelle Willoughby mengatakan, UNSW berdedikasi untuk membentuk para lulusan berpikiran maju yang memberikan dampak positif di dunia.

UNSW memastikan para mahasiswa menerima pendidikan yang benar-benar berorientasi praktik dan berfokus pada karir untuk membuka potensi mereka.

"Para mahasiswa akan menemukan dan mengembangkan berbagai kekuatan mereka melalui beragam pengalaman hidup yang menginsipirasi mereka yang dimana mereka dapatkan dari para akademisi terkemuka dunia," kata Michelle.

Regional Manager Indonesia - UNSW Global, Angie Tjai menjelaskan, para lulusan UNSW termasuk yang paling mudah bekerja di dunia.

Melalui hubungan erat UNSW dengan industri di seluruh dunia, sebut Angie, para mahasiswa memperoleh beragam keterampilan dan pengalaman, serta belajar dari para akademisi dan praktisi ahli yang terkemuka di dunia.

"Para lulusan UNSW memiliki tingkat penerimaan pekerjaan purna-waktu diatas rata-rata universitas di Australia dan gaji tertinggi," terang Angie Tjai.

Pernyataan Angie ini diperkuat oleh salah satu lulusan Uniprep dan UNSW, James Christian, yang bertolak ke UNSW guna mendapatkan kualifikasi internasional. James menyelesaikan gelar Masternya di bidang Chemistry dan telah menetap di Australia untuk bekerja sejak 2018.

"Sydney sebagai pusat bisnis dan teknologi Australia, adalah rumah yang penuh dengan peluang besar dan UNSW berperan besar dalam membangun fondasi karir global yang sukses," sebut pria yang kini menjabat sebagai Business Development Associate – Physical Science Team UNSW.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/05/11/172930271/ingin-kuliah-di-unsw-sydney-ikuti-jalur-internasional-uniprep-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke