Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanpa Tes, Universitas Pertamina Buka Jalur Seleksi Nilai Rapor

KOMPAS.com - Setelah menyelesaikan studi di jenjang SMA/SMK sederajat, siswa bisa memilih melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri atau swasta.

Salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) yang bisa kamu pilih adalah Universitas Pertamina. Universitas Pertamina merupakan kampus swasta non-kedinasan yang berada di bawah naungan Yayasan Pertamina.

Tak hanya program studi teknik di rumpun sains dan teknologi, Universitas Pertamina juga memiliki program studi rumpun sosial dan humaniora.

Dalam penerimaan mahasiswa baru, Universitas Pertama membuka seleksi nilai rapor periode Januari 2022 yang merupakan jalur seleksi tanpa tes tertulis.

Universitas Pertamina buka seleksi nilai rapor

Merangkum dari laman resmi Universitas Pertamina, Senin (7/2/2022), berikut persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar melalui jalur seleksi nilai rapor. Persyaratan pendaftar pada seleksi ini antara lain:

1. Siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2021 dan 2022.

2. Nilai rapor yang diseleksi adalah nilai rapor Semester 1-4 pada aspek nilai 'Pengetahuan'.

3. Periode pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran dibuka pada tanggal 3 Januari 2022 hingga 13 Februari 2022.

4. Periode pengisian data diri atau registrasi adalah tanggal 03 Januari 2022 hingga 14 Februari 2022. Peserta yang tidak melakukan pengisian data diri (registrasi online), maka dianggap mengundurkan diri dari seleksi.

5. Biaya pendaftaran dikenakan sebesar Rp 150.000 untuk kelompok ujian IPA/ IPS, dan Rp 200.000 untuk kelompok ujian IPC. Peserta dapat memilih 4 program studi yang ada di Universitas Pertamina, disesuaikan dengan kelompok seleksi yang dipilih.

6. Tidak mengalami buta warna untuk program studi Kimia, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, Teknik Geologi, Teknik Geofisika, Teknik Perminyakan, dan Teknik Elektro.

7. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan H+7 setelah periode pendaftaran ditutup.

8. Pengumuman akan disampaikan melalui email masing-masing peserta sebagaimana telah didaftarkan.

Jika kamu tertarik melanjutkan pendidikan di Universitas Pertamina, pendaftaran bisa dilakukan di laman https://pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/. 

Bagi kamu yang sudah mendaftar, biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai proses penerimaan mahasiswa baru di Universitas Pertamina bisa membacanya di tautan ini.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/02/07/130553871/tanpa-tes-universitas-pertamina-buka-jalur-seleksi-nilai-rapor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke