Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Universitas Brawijaya Bersiap Kuliah Hybrid Februari 2022

KOMPAS.com - Menjelang Februari 2022, Universitas Brawijaya memaksimalkan persiapan menyambut perkuliahan hybrid.

Rektor Universitas Brawijaya, Nuhfil Hanani secara langsung melakukan peninjauan ke beberapa fakultas, seperti Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Fakultas Peternakan sejak Rabu (19/1/2022) lalu.

Dalam kunjungannya, Rektor memastikan ruangan yang memadai, sirkulasi, serta kebutuhan multi media dan rasio pengisian ruang kelas telah sesuai dan memadai.

“Yang harus disiapkan adalah kelas sesuai kebutuhan, mahasiswa akan didata berapa yang ikut hybrid, jadi bisa menghitung jumlah kelas sehingga bisa diadakan sarana dan prasarananya,” terang Nuhfil, dilansir dari laman UB.

Selain itu, Rektor Nuhfil juga melihat kesiapan fakultas untuk menyediakan jendela agar sirkulasi udara yang memadai.

“Mahasiswa yang akan masuk ke UB juga wajib telah menyelesaikan 2 kali vaksin”, imbuh mantan Dekan Fakultas Pertanian ini.

Selain kewajiban untuk vaksin, mahasiswa juga wajib mendapatkan izin dari orang tua untuk bisa mengikuti perkuliahan secara hybrid.

“Jika tidak mendapatkan izin, maka mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan dari rumah”, ujarnya.

Selain itu, tidak semua mahasiswa bisa mengikuti kegiatan perkuliahan luring. Mereka, setidaknya tidak boleh berasal dari wilayah dengan kasus Covid-19 tinggi. Dalam hal ini termasuk daerah dengan kasus Covid-19 varian omicron.

Selain sosialisasi ke fakultas terkait syarat, UB juga telah melakukan pendataan jumlah mahasiswa yang telah menyelesaikan dua dosis vaksinasi Covid-19.

Pada kegiatan pembelajaran dengan sistem hybrid nanti, ruang kelas akan dipasang kamera. Alat ini bertujuan untuk menangkap kegiatan kuliah antara dosen dan mahasiswa di ruangan.

Kemudian tangkapan video tersebut akan disiarkan secara langsung untuk kegiatan pembelajaran yang diadakan secara daring.

Merespon aturan baru dari Rektor UB, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (Filkom UB) juga telah siap mengubah ruangan kelasnya menjadi kelas hybrid.

Kelas ini, dilengkapi oleh teknologi yang mendukung sistem pembelajaran baik secara luring maupun daring.

Wakil Dekan I Bidang Akademik Filkom UB, Herman Tolle, mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan simulasi untuk mengetahui kesiapan infrastruktur dalam menerapkan kuliah hybrid ini.

Saat perkuliahan hybrid, 50 persen mahasiswa akan berada di kelas mengikuti perkuliahan luring. Sedangkan 50 persen lainnya mengikuti secara daring.

Herman mengungkapkan jika pihak kampus bakal mengatur jadwal, supaya tidak semua kelas masuk bersamaan.

“Kita simulasikan karena Rektor menilai Filkom sudah bagus dan bisa dicontoh fakultas lain. Setelah ini kami juga akan ada pelatihan dosen. Kita minta juga feedback dari mahasiswa yang mengikuti zoom dari rumah bagaimana,” ujar Herman.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/21/123000471/universitas-brawijaya-bersiap-kuliah-hybrid-februari-2022-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke