Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jago Bahasa Inggris? Ini 6 Pekerjaan Keren yang Bisa Dipilih

KOMPAS.com – Bahasa Inggris adalah kemampuan yang wajib dikuasai jika ingin bekerja di industri kreatif.

Seperti diketahui, saat ini banyak generasi muda yang tertarik berkarier di industri kreatif untuk menuangkan idenya sesuai minat dan bakat yang dikuasai.

Kreativitas individu yang berkecimpung di industri kreatif membuat produk yang dihasilkan menjadi lain dari sektor industri lainnya.

Dalam hal ini, kemampuan berbahasa Inggris dibutuhkan untuk menunjang kreativitas dan inovasi generasi muda yang berkarier di industri kreatif.

Penguasaan Bahasa Inggris memungkinkan generasi muda mendapatkan akses informasi lebih luas dan memasarkan produknya untuk pasar yang lebih luas pula.

Lantas, apa saja profesi keren di industri kreatif yang membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris?

Berikut enam profesi keren yang Anda pilih, dilansir Kompas.com dari rilis resmi Universitas Bina Sarana Infomratika (BSI), Senin (17/1/2022).

1. Content writer

Di dunia industri kreatif, seorang content writer bertugas untuk menulis berbagai kebutuhan konten, seperti artikel, jurnal, berita, unggahan media sosial (medsos), blog, dan lainnya.

Kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk memperkaya tulisan dengan mencari berbagai referensi dari media asing yang umumnya menggunakan Bahasa Inggris.

Tak jarang, content writer diminta untuk membuat tulisan berbahasa Inggris agar konten yang dihasilkan dapat diakses atau dinikmati pasar internasional.

2. Scriptwriter

Penulis naskah atau scriptwriter memiliki peran untuk menuangkan ide ke dalam bentuk cerita.

Nah, cerita tersebut nantinya akan menjadi dasar pembuatan karya audio maupun audio visual, misalnya film, video blog (vlog) YouTube, iklan, web series, sandiwara radio, dan lainnya.

Seperti halnya content writer, seorang scriptwriter juga harus mampu berbahasa Inggris untuk menunjang karyanya.

Sebab, scriptwriter kerap ditugaskan membuat subtitle atau terjemahan Bahasa Inggris untuk karya film atau video. Tak hanya itu, terkadang scriptwriter juga perlu membuat sinopsis Bahasa Inggris untuk karyanya.

3. Penulis novel

Anda lebih tertarik menulis novel, cerita pendek (cerpen), atau puisi untuk dipublikasikan di media cetak maupun online? Profesi ini mungkin cocok untuk Anda.

Penulis novel, cerpen, atau puisi merupakan salah satu pekerjaan yang masuk dalam sektor industri kreatif.

Untuk menghasilkan karya sastra yang indah, para penulis novel, cerpen, atau puisi juga wajib menguasai Bahasa Inggris. Sebab, mereka butuh mencari berbagai referensi yang kebanyakan hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.

4. YouTuber

Jika lebih suka tampil di depan kamera, profesi YouTuber mungkin akan tepat untuk Anda.

Namun, jangan salah, menjadi Youtuber mungkin tidak segampang yang Anda kira. Butuh kreativitas tinggi untuk membuat konten reguler yang disajikan bagi penonton setia.

Dalam hal tersebut, Bahasa Inggris diperlukan untuk mencari referensi, berkomunikasi dengan YouTuber lain dari luar negeri, dan membuat konten Bahasa Inggris yang dapat dinikmati oleh semua orang dari seluruh dunia.

5. Guru Bahasa Inggris

Kemampuan Bahasa Inggris akan sangat berguna jika Anda ingin menjadi seorang guru Bahasa Inggris.

Pada zaman modern seperti saat ini, menjadi guru Bahasa Inggris tidak harus di sekolah formal. Sudah banyak lembaga belajar online yang membutuhkan guru Bahasa Inggris dari generasi muda.

Mengapa harus generasi muda? Sebab, lembaga belajar online cenderung membutuhkan guru yang kreatif dan inovatif agar murid yang diampu lebih semangat belajar.

6. Staf administrasi

Apabila Anda mendambakan pekerjaan kantoran, profesi sebagai staf administrasi mungkin bisa menjadi pilihan.

Umumnya, seorang staf administrasi bertugas untuk mengurus jadwal rapat, perizinan peminjaman ruang, mengingatkan agenda atasan, dan sebagainya.

Kemampuan berkomunikasi, terutama dalam Bahasa Inggris, menjadi wajib bagi para staf administrasi. Pasalnya, dunia bisnis sering mengharuskan karyawan dan atasan perusahaan untuk berkomunikasi dengan kolega dari luar negeri.

Itulah enam profesi keren yang bisa jadi pilihan karier bagi Anda yang jago berbahasa Inggris.

Jika ingin mendalami Bahasa Inggris agar dapat terjun ke industri kreatif, Anda dapat mengenyam pendidikan tinggi di Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika (BSI).

Pendaftaran mahasiswa baru (PMB) Prodi Bahasa Inggris Universitas BSI untuk periode kuliah Maret 2022 dan September 2022 kini telah resmi dibuka.

Bagi Anda yang tertarik mendaftar dapat mengakses laman https://bsi.pmbonline.id atau mengunduh aplikasi PMB-UBSI secara gratis di Play Store.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/17/164635071/jago-bahasa-inggris-ini-6-pekerjaan-keren-yang-bisa-dipilih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke