Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siswa, Yuk Kenali Istilah dalam Olahraga Lari

KOMPAS.com - Beberapa olahraga sempat booming dan banyak dilakukan masyarakat. Adanya pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 juga membuat masyarakat lebih rajin berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh.

Beberapa olahraga yang booming dan banyak dilakukan masyarakat di Indonesia seperti yoga, bersepeda dan lari.

Merangkum dari akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), Sabtu (15/1/2022), ada beberapa istilah yang biasa digunakan dalam olahraga lari.

Siswa yang tertarik di bidang olahraga lari bisa menjadi ulasan berikut ini sebagai penambah wawasan.

Istilah dalam olahraga lari

1. PB (Personal Best): catatan waktu terbaik seseorang dalam menyelesaikan jarak lari tertentu.

2. Tempo: metode latihan dengan upaya sedikit di atas ambang anaerobik seseorang. Atau lebih mudah dijelaskan dengan, seseorang berlari pada kecepatan yang masih memungkinkan berbicara namun terpatah-patah.

3. Easy run: lari yang dilakukan dengan santai dan masih dapat berbincang-bincang (conversational pace).

4. Hit the wall: kondisi dimana pelari kehabisan energi saat mengikuti lomba. Penyebabnya karena menipisnya glikogen yang tersimpang dalam otot.

5. Interval: metode latihan intensitas tinggi pada jarak atau waktu tertentu. Lalu diselingi pemulihan dengan waktu tertentu. Kemudian diulangi beberapa repetisi. Ada banyak variasi untuk jarak, waktu dan jumlah repetisi dalam melakukan latihan interval.

6. Pace: kecepatan dalam berlari satuan menit/km. Misal seseorang berlari pace 5, itu artinya orang tersebut membutuhkan waktu 5 menit untuk menempuh jarak 1 km. Pace 7:30 artinya seorang pelari membutuhkan waktu 7: 30 menit untuk menempuh tiap kilometernya. Begitu seterusnya, semakin kecil angka berarti semakin cepat.

7. Side stitch: kebanyakan orang Indonesia mengenalnya dengan istilah sundukan. Yaitu rasa nyeri yang dirasakan di salah satu sisi perut saat melakukan aktivitas olahraga.

Umumnya disebabkan makan atau minum dalam jumlah banyak sebelum melakukan aktivitas lari atau olahraga lainnya atau bisa juga karena kurang pemanasan.

8. Chip time: catatan waktu yang dihitung saat pelari melewati garis start hingga melewati garis finish.

9. FM (Full Marathon): biasa juga disebut maraton. Kategori lari dengan jarak 42.195 meter.

10. HM (Half Marathon): kategori lari dengan jarak 21.097,5 meter.

Itulah 10 istilah yang biasa digunakan dalam olahraga lari. Dengan rutin berolahraga lari selain meningkatkan imunitas tubuh, juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga terhindari dari obesitas.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/16/180700771/siswa-yuk-kenali-istilah-dalam-olahraga-lari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke