Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konferensi di USU, Gubernur Jateng Beri Laptop dan Sepeda pada Mahasiswa

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar Konferensi Indonesia Emas, Minggu (9/1/2022). Hadir pada kesempatan itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual.

Namun, Gubernur Jateng tersebut memberikan laptop dan sepeda gratis kepada mahasiswa yang naik ke atas panggung. Hingga membuat mahasiswa merasa senang.

Melansir laman USU, hal itu bermula ketika Gubernur Ganjar yang didaulat menjadi narasumber dalam acara Konferensi Indonesia Emas melakukan sesi pemaparan via zoom.

Sebelum memulainya, Ganjar Pranowo meminta mahasiswa USU yang hadir untuk naik ke pentas.

Ketiga mahasiswa yang berhasil terlebih dahulu naik ke pentas itu kemudian diminta memperkenalkan diri. Mereka adalah Sri Ayu Ramadhani dari Fakultas Ilmu Budaya, Indra Utama dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Baginda Fakhrur Reza S Ritonga dari Fakultas Kehutanan.

"Yang penting berani dulu. Indonesia Emas itu harus diawali dengan generasi mudanya yang berani," ujar Ganjar dikutip dari laman USU.

Terkesima jawaban mahasiswa

Adapun pertanyaan yang dilontarkan Ganjar ialah apa yang akan mereka lakukan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 sesuai Visi Presiden Jokowi.

Ternyata, Gubernur Jateng tersebut terkesima dengan jawaban-jawaban dari tiga mahasiswa itu dan langsung memberikan dua laptop dan satu sepeda.

Dalam pemaparannya, Ganjar Pranowo menilai Visi Presiden Joko Widodo tentang Indonesia Emas 2045 harus dipersiapkan sejak dini oleh para generasi milenial.

Menurut Ganjar, mahasiswa-mahasiswa inilah yang di tahun keemasan Indonesia pada 2045 akan menjadi pemimpin bangsa.

"Kita akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi yang kuat, pasar yang luas dan kemajuan infrastruktur yang sangat pesat untuk menunjang kesejahteraan rakyat," terangnya.

Diakhir paparannya, Ganjar Pranowo juga berjanji untuk datang ke Universitas Sumatera Utara (USU).

Rektor USU Dr. Muryanto Amin menyambut baik keinginan Ganjar Pranowo untuk datang ke USU. Rektor juga turut berjanji untuk mengantarkan langsung ke Semarang, tanjak dan songket yang menjadi cinderamata untuk Ganjar Pranowo.

"Sebelum Pak Ganjar ke USU nanti saya kunjungi ke Semarang untuk memberikan tanjak dan songket dari adik-adik mahasiswa ini," ujar rektor yang disambut penuh keakraban oleh Ganjar Pranowo.

Indonesia masih bergantung pada SDA

Sementara Menteri BUMN Erick Thohir hadir langsung menjadi keynote speaker di acara yang dihadiri lebih kurang 1.000 peserta itu.

Dalam paparannya, Menteri BUMN mengungkapkan, dalam mencapai Indonesia Emas 2045 Indonesia harus melakukan banyak persiapan, salah satunya dalam hal peningkatan potensi Sumber Daya Manusia (SDM).

"Salah satu tantangan Indonesia adalah terlalu bergantung dengan Sumber Daya Alam (SDA)," terangnya.

Namun menurut dia, jika Indonesia ingin mencapai pertumbuhan ekonomi yang sesuai dengan Visi Indonesia Emas, manusia harus menjadi pusat inovasi dengan knowledge based economy.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/10/140506871/konferensi-di-usu-gubernur-jateng-beri-laptop-dan-sepeda-pada-mahasiswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke