Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Universitas dengan Jurusan Seni Pertunjukan Terbaik se-Asia, Ada ISI Jogja

KOMPAS.com – Saat ini, jurusan seni pertunjukan memang tidak masuk dalam daftar jurusan kuliah terfavorit di Indonesia. Namun, tidak sedikit para lulusan sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mengincar jurusan ini.

Salah satu alasan mereka tertarik melanjutkan pendidikan tinggi di jurusan seni pertunjukan adalah untuk menyalurkan bakat dan minat di bidang seni.

Sebagai informasi, seni pertunjukan terdiri dari beberapa sektor yang dapat dipilih menjadi fokus studi, seperti seni musik, seni tari, seni teater, dan lainnya.

Berkuliah di jurusan seni pertunjukan akan memungkinkan mahasiswa mempelajari proses berkarya seni mulai dari teori seni, merancang konsep, menciptakan karya, sampai menyajikan karyanya bagi publik.

Dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber pada Jumat (7/1/2022), berikut lima universitas dengan jurusan seni pertunjukan terbaik se-Asia versi QS Top Universities periode 2021:

1. Hong Kong Academy for Performing Arts (Wan Chai, Hong Kong)

Didirikan pada 1984 oleh The Hong Kong Academy for Performing Arts Ordinance, Hong Kong Academy for Performing Arts menjadi perguruan tinggi terkemuka di Asia yang fokus pada bidang seni pertunjukan.

Universitas ini menawarkan enam Program Studi (Prodi) Strata Satu (S1) Bidang Seni Pertunjukan, yaitu Dance, Music, Chinese Opera, Drama, Film and Television, serta Theatre and Entertainment Arts.

Menjadi universitas dengan jurusan Seni Pertunjukan terbaik di Asia versi QS Top Universities, Hong Kong Academy for Performing Arts juga menawarkan Prodi Strata Dua (S2) yaitu Master of Fine Arts in Dance, Master of Fine Arts in Drama, Master of Fine Arts in Cinema Production, Master of Fine Arts in Theatre and Entertainment Arts, dan Master of Music.

Informasi lebih lanjut tentang Hong Kong Academy for Performing Arts dapat diakses melalui laman https://www.hkapa.edu/. 

2. The Central Academy of Drama (Beijing, China)

The Central Academy of Drama yang berlokasi di Beijing, China, masuk dalam daftar universitas dengan jurusan Seni Pertunjukan terbaik di Asia versi QS Top Universities 2021.

Kampus ini sudah ada sejak 1938 dengan nama Yan An Lu Xun Art College. Kemudian pada Desember 1949, kampus ini resmi dibuka dengan nama The Central Academy of Drama dan mengadakan konferensi perdana pada 2 April 1950.

Terdapat total 13 prodi yang ada di The Central Academy of Drama, yaitu Acting, Directing, Stage Design, Dramatic Literature, Musical Theatre, Peking Opera, Opera, Dance Theatre, Puppetry Theatre, Theatre Pedagogy, Theatre Management, Film and Television Arts, dan Theatrology.

Informasi lebih lanjut tentang The Central Academy of Drama dapat diakses melalui laman http://web.zhongxi.cn/en/. 

3. Korea National University of Arts (Seoul, Korea Selatan)

Korea National University of Arts atau yang kerap disebut K-Arts adalah salah satu universitas seni nasional ternama di Korea Selatan (Korsel). Kampus ini masuk dalam daftar universitas dengan jurusan Seni Pertunjukan terbaik di Asia versi QS Top Universities 2021.

K-Arts secara resmi berdiri pada 30 Oktober 1992, tetapi proses pendiriannya sudah dimulai pada 25 Juni 1990 ketika Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Korsel mengumumkan pendirian sekolah seni nasional sebagai bagian dari proyek sepuluh tahun pengembangan kebudayaan.

Terdapat sejumlah fakultas yang menawarkan berbagai prodi di kampus ini. Fakultas Drama terdiri dari Prodi Acting, Directing, Playwriting, Stage Design, Theatre Studies, dan Musical Theatre Writing. Adapun Fakultas Music terdiri dari Prodi Vocal Music, Instrumental Music, Composition, Conducting, dan Musicology. Kemudian Fakultas Dance terdiri dari Prodi Dance Performance, Dance Theory, dan Choreography.

Selanjutnya, Fakutlas Film, Television, and Multimedia terdiri dari Prodi Filmmaking, Broadcasting, Multimedia, Animation, dan Cinema Studies. Fakultas Visual Arts terdiri dari Prodi Fine Arts, Design, Architecture, dan Art Theory. Fakultas Korean Traditional Arts terdiri dari Prodi Korean Traditional Arts Theory, Korean Traditional Music, Korean Traditional Dance, Korean Traditional Performing Arts, dan Korean Traditional Music Composition.

Terakhir, Fakultas Arts and Liberal Studies menyediakan berbagai studi seni liberal yang memuat studi humaniora, sosial, hingga pendidikan jasmani dan sains. Informasi lebih lanjut tentang K-Arts dapat diakses melalui laman https://www.karts.ac.kr/en/. 

4. UCSI University (Malaysia)

University College Sedaya International (UCSI) atau yang kerap disebut UCSI University ini masuk dalam daftar universitas dengan jurusan Seni Pertunjukan terbaik di Asia versi QS Top Universities 2021.

Didirikan oleh Dato’ Peter T S Ng pada 1986, awalnya kampus ini dinamakan Canadian Institute of Computer Studies, kemudian pada 1990 berubah menjadi Sedaya College dan pada 2003 menjadi University College Sedaya Internasional (UCSI). Selanjutnya pada 2008, kampus ini resmi dinamakan UCSI University yang berlokasi di tiga tempat, yaitu Kuala Lumpur, Sarawak, dan Terengganu.

Untuk jurusan seni pertunjukan, UCSI University menyediakan Fakultas Music yang terdiri dari Prodi S1 Classical Music, S1 Contemporary Music, Diploma Music Performance, Diploma Music Teaching, Master Performance Studies, dan Doktor Music Performance.

Informasi lebih lanjut tentang UCSI University dapat diakses melalui laman https://www.ucsiuniversity.edu.my/. 

5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (Yogyakarta, Indonesia)

Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau yang akrab disebut ISI Jogja merupakan salah satu kampus seni nasional tertua di Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

ISI Jogja resmi berdiri sebagai institusi pada 30 Mei 1984 atas dasar Keputusan Presiden Republik Indonesia (RI) Nomor 39 Tahun 1984. Kemudian, pada 23 Juli 1984, kampus ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI kala itu, yakni Nugroho Notosusanto.

Meski usianya sebagai institusi relatif masih muda, tetapi perguruan yang merupakan komponen pembentuk ISI Jogja sudah ada sejak awal 1950.

Perguruan yang dimaksud antara lain Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Sekolah Musik Indonesia (SMIND) yang berkembang menjadi Akademi Musik Indonesia (AMI).

Saat ini, ISI Jogja memiliki tiga fakultas dengan berbagai pilihan prodi. Fakultas Seni Pertunjukan yang masuk dalam daftar universitas dengan jurusan Seni Pertunjukan terbaik di Asia versi QS Top Universities 2021 terdiri dari Prodi S1 Tari, Teater, Karawitan, Pedalangan, Etnomusikologi, Musik, Penciptaan Musik, Pendidikan Musik, Pendidikan Seni Pertunjukan, dan Diploma Empat (D4) Penyajian Musik.

Selanjutnya, Fakultas Seni Rupa terdiri dari Prodi S1 Seni Murni, Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Tata Kelola Seni atau Manajemen Seni, serta Diploma Tiga (D3) Batik dan Fashion. Terakhir, Fakultas Seni Media Rekam terdiri dari Prodi S1 Film dan Televisi, Fotografi, dan D3 Animasi.

Informasi lebih lanjut tentang ISI Jogja dapat diakses melalui laman https://isi.ac.id/. 

Itulah lima universitas dengan jurusan seni pertunjukan terbaik se-Asia versi QS Top Universities untuk periode 2021.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/07/142632671/5-universitas-dengan-jurusan-seni-pertunjukan-terbaik-se-asia-ada-isi-jogja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke