Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Semesta Day 2022" Ajak Siswa Semangat Berprestasi di Tengah Pandemi

KOMPAS.com - Sekolah Semesta, Semarang, Jawa Tengah menggelar "Semesta Day 2022" yang mengusung tema "Uniting Diversity in The Midst of Pandemic". Acara tahunan ini merupakan bagian perayaan ulang tahun Semesta Bilingual Boarding School (BBS).

Acara "Semesta Day 2022" akan dilaksanakan mulai tanggal 16-19 Januari 2022. Dalam Semesta Day 2022, Sekolah Semesta mengajak seluruh pelajar Indonesia dari jenjang TK hingga menengah atas untuk mengikuti perlombaan dan terus berprestasi di tengah pandemi.

"Semesta konsisten melaksanakan Semesta day sebagai bentuk kontribusi nyata dalam mendukung kemajuan pendidikan, memberikan wadah kepada seluruh kalangan siswa untuk tetap berkompetisi dalam berbagai kondisi yang sekiranya bisa kami laksanakan," ungkap Jumiko, Pembina OSIS Semesta BBS melalui rilis resmi (3/2/2022).

Semesta Day, jelas Jumiko, merupakan sarana bagi guru dan siswa untuk bisa menumbuhkan karakter siswa yang berani, beradab, sopan dan berjiwa kompetitif sehingga muncul generasi muda berdaya saing maju, berkompeten, dan berbudi pekerti luhur di lingkungan masyarakat.

"Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah juga merekomendasikan kegiatan Semesta Day sebagai sarana pelajar Indonesia untuk berprestasi," tambahnya.

Tahun ini ada berbagai jenis lomba yang diselenggarakan di acara Semesta Day. Beberapa lomba tersebut, antara lain:

  • Gasibu (Gebyar Seni dan Budaya): Lomba ini bisa diikuti oleh siswa Indonesia yang mempunyai bakat dalam seni bidang vokal, puisi dan tari.
  • Jourasic (Journalistic and Art of Semesta Ingenious Competition): Untuk para pelajar yang mempunyai minat di bidang jurnalistik, film, vlog, poster dan komik.
  • SEC (Semesta English Competition): Lomba ini menjadi ajang melatih dan menguji kemampuan bahasa Inggris peserta.
  • Cosmic (Competition of Science and Matehematics): Lomba ini bisa diikuti siswa Indonesia yang berminat mengikuti kompetisi sains dan matematika. 
  • SLC (Semesta Literacy Competition): Lomba literasi bidang puisi, cerpen dan pidato khusus bagi siswa SD dan SMP.

Semesta Day 2022 telah menyiapkan total hadiah sekitar Rp 50.000.000.

Tidak hanya kompetisi, dalam Semesta Day 2022 juga digelar kegiatan donasi kemanusiaan bertajuk On Here (One Heart for Million Smile) dalam bentuk mengumpulkan barang bekas layak pakai yang akan disalurkan kepada yang membutuhkan.


Lebih jauh Jumiko menyampaikan, Semesta Day 2022 juga membawa pesan yang mengajak siswa Indonesia untuk terus berprestasi. Hal ini juga sudah dibuktikan Sekolah Semesta yang terus mendukung siswa terus berprestasi, seperti di ajang Kompetisi Sains Nasional 2021.

Dalam KSN 2021, Sekolah Semesta meraih 9 medali, yaitu 1 medali emas, 3 medali perak dan 5 medali perunggu.

Di kancah internasional Sekolah Semesta yang baru saja membuka kampus 3 di daerah Candi Golf Semarang untuk jenjang PG-TK dan SMP Semesta non boarding ini meraih medali emas International Olympiad in Informatics (IOI 2021) di Singapura dan perunggu International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA 2021) di Kolombia.

Ajang Semesta Day 2022, tambah Jumiko, juga menjadi pembuktian bahwa kegiatan positif OSIS tidak mengalami mati suri selama pandemi.

"Untuk semua civitas academica harus mau berubah, beradaptasi dan mengekplorasi teknologi, agar pendidikan semakin maju dan maju, serta tentunya terus menanamkan karakter yang berkebudayaan Indonesia yang adiluhung," pesannya.

Info lengkap lomba dan pendaftaran Semesta Day 2022 dapat dilakukan melalui website https://semesta.sch.id/semesta-day-23/ 

https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/04/090500171/semesta-day-2022-ajak-siswa-semangat-berprestasi-di-tengah-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke