Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

SPADA Award 2021, ITS Institusi Terbaik Pendukung Pembelajaran Daring

KOMPAS.com - Salah satu dampak positif adanya pandemi Covid-19 yakni percepatan pemanfaatan teknologi digital pada masyarakat Indonesia.

Termasuk di dunia pendidikan. Pasalnya semua jenjang pendidikan mengoptimalkan adanya teknologi digital dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek) memberikan apresiasi kepada sejumlah perguruan tinggi yang dianggap paling baik dalam mengadakan pembelajaran daring.

ITS raih peringkat pertama SPADA 2021

ITS mendapat penghargaan terbaik pada Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Award 2021 kategori Perguruan Tinggi Terbaik: Dukungan Institusi terhadap Pembelajaran Daring.

Selain ITS, sejumlah perguruan tinggi yang juara dalam kategori ini yakni Universitas Negeri Semarang (Unnes), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Telkom.

Penghargaan ini diberikan kepada perguruan tinggi yang mampu memberikan dukungan terbaik terhadap penyelenggaraan dan pelaksanaan pembelajaran daring.

Kepala Subdirektorat Pengembangan Akademik, Bagus Jati Santoso mengatakan, ada beberapa kriteria penilaian dalam kategori ini. Di antaranya adalah aktivitas perencanaan, implementasi, evaluasi, dukungan, serta stimulus yang diberikan masing-masing perguruan tinggi dalam penyelenggaraan pembelajaran daring.

Menurut Bagus, dalam menyelenggarakan pembelajaran daring, ITS telah mempersiapkan infrastruktur, perangkat aturan, dan penjaminan mutu yang baik bahkan sebelum memasuki masa pandemi. Bagus menilai bahwa pergeseran menuju pembelajaran daring dapat dilakukan dengan baik.

"Karena kami telah mempersiapkan penyelenggaraan pembelajaran dari sebelum masa pandemi Covid-19. Kondisi ini membuat pergeseran menuju pembelajaran daring secara penuh dapat dilakukan dengan cukup baik," tutur Bagus seperti dikutip dari laman ITS, Selasa (14/12/2021).

Terus tingkatkan kualitas pembelajaran

Bagus mengungkapkan, untuk mendukung kualitas penyelenggaraan pembelajaran daring, ITS juga melakukan beberapa aktivitas insentif.

Seperti Insentif Kuliah Online, Insentif Massive Open Online Courses (MOOC), Program Pembuatan MOOC, dan Hibah Inovasi Praktikum Daring.

Kedepan ITS akan tetap terus berkembang untuk mewujudkan peningkatan kualitas pembelajaran.

Beberapa kegiatan yang akan dilakukan ITS seperti menggiatkan pelatihan dan workshop pembelajaran daring, meningkatkan kapasitas infrastruktur pendukung, dan beberapa aktivitas lainnya yang akan mewujudkan hal tersebut.

Bagus berharap, adanya penghargaan ini akan lebih mendorong kualitas pembelajaran di ITS menjadi lebih baik lagi. Khususnya bagi pembelajaran secara hybrid yang tengah dipersiapkan oleh ITS.

"Semoga nantinya pembelajaran secara hybrid yang akan dilakukan di ITS dapat berjalan dengan lancar dan baik," tutup Bagus.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/12/15/073400671/spada-award-2021-its-institusi-terbaik-pendukung-pembelajaran-daring

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke