Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Orasi Ilmiah UB, Menteri BUMN: Ini 3 Tantangan Masa Depan

KOMPAS.com - Menteri BUMN, Erick Thohir menyatakan bahwa menyongsong era globalisasi, akan ada tiga tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

Dalam paparannya, Erick menyebutkan tiga tantangan tersebut bukan untuk menakuti, namun sebagai realita yang harus dihadapi.

Hal itu disampaikan Erick dalam Orasi Ilmiah di Gedung Widyaloka, Universitas Brawijaya (UB). Kegiatan bertajuk “Orasi Ilmiah: Globalization and Digitalization :Strategi BUMN Pasca Pandemi” ini digelar Sabtu, (27/11/2021).

3 tantangan masa depan

Lantas, apa saja 3 tantangan itu? Ini penjelasan Erick:

1. Pasar global yang akan terus dipaksakan dibuka.

2. Merupakan transformasi digital yang tidak bisa dibendung.

3. Merupakan ketahanan kesehatan yang saat ini sedang dialami.

Sedangkan BUMN sendiri memiliki peranan unik dalam perekonomian, karena selain sebagai korporasi, BUMN juga dituntut untuk melayani publik.

Mengatasi ketiga tantangan tersebut, ia berharap semua pihak dapat bekerja sama dan bersinergi.

"Saya harap kita semua bekerjasama satu dengan yang lainnya untuk membangun pondasi atau roadmap yang kita harapkan," ujarnya dikutip dari laman UB.

Sementara Dekan FEB UB, Abdul Ghofar, SE., M.Si., M.Acc., melalui kegiatan ini berharap Indonesia dapat memanfaatkan pasar dalam negeri dengan baik.

Dikatakan, dengan penduduk yang kurang lebih 280 juta jiwa di seluruh penjuru, sebenarnya merupakan pasar yang sangat luar biasa.

"Tentu yang seharusnya kita bisa berdikari di atas kemampuan bangsa sendiri, namun sekarang justru menjadi ajang marketing perusahaan asing," jelasnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/12/03/103340371/orasi-ilmiah-ub-menteri-bumn-ini-3-tantangan-masa-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke