Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Tahan Banting dan Produktif Mengejar Karier

Dalam bekerja, tentunya kamu sering menemukan hambatan sehingga menyulitkan kamu produktif mengejar karier. Kamu dapat mengatasi hambatan itu dengan mengendalikan emosi dan mengembangkan kelincahan emosional yang kamu miliki.

Dengan mental yang "lincah", maka kamu menjadi orang yang sigap, berani, dan penuh kesadaran. Emotional agility atau kelincahan emosional ini tentunya membantumu dalam mengejar karier, lho!

Menurut Susan David, seorang psikolog dari Harvard University, kelincahan emosional adalah kemampuan emosi seseorang yang terbuka dan fleksibel dengan pemikiran dan perasaan, berperilaku sadar dan efektif.

Kondisi ini terjadi karena individu memiliki kewaspadaan dan kepiawaian dalam mengendalikan emosinya.

Bagaimana cara dan tips agar memiliki kelincahan emosional?

Show off

Kamu perlu show off atau menghadapi masalah yang menimpa. Kita perlu mengenali pola-pola emosi yang muncul dalam diri.

Misalnya ketika proyek yang dikerjakan gagal, lalu kenali reaksi apa yang kamu timbulkan, mungkinkah panik, sedih, atau marah.

Dengan kita mengenali hal ini, kita bisa mengantisipasi diri kita agar tidak sampai lepas kendali. Akibatnya kita menjadi lebih produktif dalam bekerja.

Coba kamu perhatikan baik-baik pola yang ditimbulkan ketika marah. Bahkan kemarahan itu pun memiliki penyebab yang beragam. Marah karena tersinggung, marah karena kecewa, dan lain sebagainya.

Ketika kita cukup sadar mengenali penyebab amarah yang kita rasakan,selanjutnya kita perlu mencari cara yang biasa kita lakukan dalam menangani amarah ini.

Jika kita telah terbiasa penuh kesadaran mengenali suatu emosi, maka kita akan lebih mudah mengendalikan emosi yang akan timbul.

Step up

Step up atau memisahkan emosi dengan narasi-narasi dibalik fenomena. Dalam tahapan ini, kita mengendalikan emosi dengan menjaga jarak antara emosi dengan narasi dari suatu peristiwa.

Jika kita tidak bisa menjaga jarak, maka kita akan mudah menjadi orang yang sensitif dan "baper". Menjaga jarak dalam hal ini adalah kita mampu memisahkan peristiwa yang terjadi saat itu dengan narasi-narasi buruk yang pernah kita terima.

Misal, ketika kita mengikuti rapat, namun pendapat kita tidak didengarkan dan akhirnya membuat kita merasa tersinggung, dan pada rapat selanjutnya kita tidak mau mengutarakan pendapat kita lagi.

Jika kita tidak memisahkan emosi dengan narasi, maka hal ini tentu sangat berbahaya karena menyulitkan kita produktif mengejar karier.

Walk your Why

Tips ketiga agar menjadi lincah secara emosional, walk your why atau memiliki target ideal yang ingin diwujudkan. Ketika bertemu dengan situasi yang genting, ada kalanya kita sulit membuat keputusan akibat punya banyak pertimbangan.

Nah, yang menjadi dasar dalam poin ini adalah nilai yang ingin kita junjung dalam hidup. Nilai-nilai seperti cinta kasih, profesionalitas, kekeluargaan, religius dan lainnya.

Dengan memiliki nilai-nilai ini mempermudah kita dalam mengambil keputusan ketika berada dalam peristiwa genting.

Move on

Tips terakhir, menjalani ketiga tips di atas dengan baik. Nasihat yang terbaik adalah nasihat yang dijalankan. Perubahan yang ingin kita capai dari kaku secara emosional menjadi lincah secara emosional tidak dapat terjadi dengan mudah.

Perubahan yang ingin dicapai ini bisa dilatih selangkah demi selangkah bergantung pada konsistensi dan niatan menjadi pribadi yang lebih baik.

Setiap emosi yang muncul dalam diri kita adalah respon terhadap suatu peristiwa. Kita tidak dapat mengendalikan situasi apa yang menimpa kita, namun kita dapat mengendalikan respon apa yang kita berikan pada situasi tersebut.

Dengan penerimaan kita menerima segala emosi apa adanya, dan menjadi lebih produktif dalam mengejar karier. Cara-cara yang dapat dilakukan dengan menerapkan keempat langkah dari Susan David demi mencapai kelincahan secara emosional.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang menjadi lincah dalam emosional guna menjadi produktif dalam mengejar karier, kamu dapat mengakses kursus online Emotional Agility: Cara Mengelola Emosi hanya di Kognisi.id!

https://www.kompas.com/edu/read/2021/12/02/090943971/tips-tahan-banting-dan-produktif-mengejar-karier

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke