Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siswa, Kenali 3 Profesi yang Jadi Pahlawan Masa Kini

KOMPAS.com - Tiap tanggal 10 November selalu diperingati Hari Pahlawan. Peringatan Hari Pahlawan rutin dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah.

Peringatan Hari Pahlawan tiap tanggal 10 November, khususnya untuk mengenang peristiwa Pertempuran Surabaya yang menjadi saksi perjuangan rakyat Kota Surabaya bersatu melawan tentara Inggris.

Di masa lalu, pahlawan erat kaitannya sebagai sosok yang berjuang di medan peperangan dan bertempur menggunakan senjata fisik maupun pemikiran-pemikiran kritis agar bebas dari belenggu kolonialisme. 

Banyak sekali pahlawan yang berjasa bagi Indonesia, mulai dari zaman penjajahan hingga pascakemerdekaan. Sebut saja Pangeran Diponegoro, RA. Kartini, Pattimura, Ki Hajar Dewantara, Bung Tomo, Jenderal Sudirman, Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan masih banyak lagi.

Meski saat ini Indonesia sudah merdeka dan tidak perlu lagi melawan penjajah. Namun di era sekarang, juga banyak pahlawan-pahlawan bermunculan.

Para pahlawan zaman sekarang memang tidak melawan penjajah. Namun para pahlawan ini juga mempunyai andil besar bagi masyarakat Indonesia.

Merangkum dari laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Rabu (10/11/2021), berikut profesi yang bisa menjadi sosok pahlawan masa kini. Yuk simak bersama informasi ini.

Guru

Guru bahkan dikenal dengan sebutan pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka merupakan pahlawan pendidikan bangsa Indonesia. Guru merupakan sosok pahlawan yang bersenjatakan ilmu dan pengetahuan untuk menyelamatkan anak-anak dari ketidaktahuan.

Menurut data yang diunggah oleh Badan Pusat Statistik, jumlah guru di seluruh Indonesia tahun ajaran 2020/2021 mencapai 338.700 orang. Angka tersebut tentu bukanlah jumlah yang sedikit. Profesi guru kini semakin diminati kalangan generasi muda.

Tenaga kesehatan

Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun ini, tenaga kesehatan (nakes) merupakan pahlawan yang menangani para pasien.

Tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, apoteker berjibaku dengan menangani para pasien positif Covid-19. Sama seperti pahlawan di masa lampau, pengabdian mereka pun bertaruh nyawa. Tak jarang tenaga kesehatan gugur di saat bertugas karena turut terpapar virus dan penyakit.

TNI dan Polri

Sama seperti pahlawan di masa lalu, profesi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan juga Polisi mengangkat senjata untuk menjaga keamanan dan stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai permasalahan yang mengancam.

Ancaman bagi negara tidak selalu berbentuk serangan fisik, namun terdapat juga ancaman ideologi. Ancaman juga tidak selalu berasal dari luar negara, ada pula yang berasal dari dalam tubuh kita sendiri. Petugas dari TNK Polri siap mengorbankan jiwa dan raga untuk melindungi seluruh rakyat Indonesia.

Pada Hari Pahlawan Tahun 2021 ini tema yang diusung adalah 'Pahlawanku Inspirasiku'. Sebagai generasi muda, para pahlawan baik di era dahulu maupun sekarang bisa menjadi inspirasi dalam mengamalkan nilai-nilai luhur yang sarat akan persatuan, perjuangan, dan juga pengorbanan.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/11/10/112309871/siswa-kenali-3-profesi-yang-jadi-pahlawan-masa-kini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke