Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER EDUKASI] 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi | 34 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2022 | Ini 7 SMK Terbaik di Jawa Barat Berdasar UTBK 2021

KOMPAS.com - Ada beberapa tanda di usia dini yang bisa menunjukkan apakah anak memiliki kecerdasan tinggi.

Informasi ini menjadi artikel paling populer di kanal Edukasi Kompas.com. Selain itu, artikel mengenai 34 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS Asia University Tanking (AUR) 2022 menjadi artikel populer yang kedua.

Artikel populer ketiga yang paling banyak dibaca yakni informasi mengenai tujuh SMK terbaik di Jawa Barat berdasarkan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021.

Berikut tiga berita populer Edukasi Kompas.com sepanjang Jumat hingga Senin (5-8/11/2021).

1. 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Anak mungkin saja merupakan anak yang berbakat jika ia menunjukkan tanda-tanda berikut ini sejak usia dini.

1. Memiliki memori luar biasa

Ingatan yang baik penting bagi anak untuk belajar dan menyimpan informasi baru, baik di sekolah maupun di rumah. Menurut psikolog dan penulis Tracy Packiam Alloway, anak yang memiliki memori yang baik dapat mengambil keputusan di dalam kesehariannya.

"Memori kerja terkait tidak hanya dengan belajar (dari TK hingga perguruan tinggi), tetapi untuk pengambilan keputusan dalam kegiatan sehari-hari," ungkapnya.

2. Keterampilan membaca sejak dini

Rata-rata, anak-anak yang sangat cerdas sudah mulai bisa membaca sebelum berusia empat tahun.

Sementara kebanyakan anak, biasanya baru dapat membaca ketika usia enam atau tujuh tahun. Tentu terdapat banyak tahap membaca, namun anak harus belajar mengenali serta memahami kata-kata sebelum dapat mulai membaca sendiri.

Anak yang cerdas biasanya sangat menyukai membaca dan seringkali menjadi ketagihan. Untuk membaca informasi lengkap mengenai tujuh tanda anak cerdas berpotensi memiliki IQ tinggi bisa klik tautan ini.

Sebanyak 34 perguruan tinggi di Indonesia memperoleh pemeringkatan dari QS Asia University Rankings (AUR) 2022. Semua perguruan tinggi itu, ada datang dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Melansir laman TopUniversities, Rabu (3/11/2021) memberitahukan ada 687 perguruan tinggi yang memperoleh pemeringkatan dari QS AUR 2022. Seperti di tahun lalu, banyak perguruan tinggi di China yang memiliki kampus terbaik pada pemeringkatan QS AUR 2022, sehingga berada di posisi pertama. Sedangkan India dan Jepang berada di posisi kedua dan ketiga.

Berdasarkan indikator tersebut, ada 34 perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan QS AUR 2022, sebagai berikut:

1. Universitas Indonesia (UI).

2. Universitas Gadjah Mada (UGM).

3. Institut Teknologi Bandung (ITB).

4. Universitas Airlangga (Unair).

Untuk membaca daftar lengkap 34 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS AUR 2022 bisa baca di tautan ini.

Bagi siswa tentu ingin mendapatkan sekolah yang terbaik. Apalagi orangtua juga menginginkan anaknya belajar di sekolah terbaik. Beberapa waktu yang lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis daftar Top 1.000 Sekolah Tahun 2021 Berdasarkan Nilai UTBK.

Nantinya, sekolah tersebut bisa menjadi acuan bagi siswa maupun orangtua yang ingin melanjutkan ke jenjang SLTA. Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Prof. Mohammad Nasih mengatakan, daftar top 1.000 sekolah itu diperoleh dari hasil penyaringan 23.110 sekolah yang menjadi peserta UTBK 2021.

1. SMK-SMAK Bogor

  • Total nilai rata-rata UTBK: 561,237

2. SMKN 1 Bogor

  • Total nilai rata-rata UTBK: 529,627

3. SMK Negeri 1 Cimahi

Untuk membaca daftar lengkap SMK terbaik di Jawa Barat bisa klik tautan ini.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/11/08/151400671/-populer-edukasi-7-tanda-anak-cerdas-dan-berpotensi-punya-iq-tinggi-34

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke