Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ITTP Buka Penerimaan Maba Jalur PMDK, Ini Cara Daftarnya

KOMPAS.com - Bagi siswa kelas 12 saat ini sudah mulai mempersiapkan diri mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan.

Selain bisa mengikuti beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN), calon mahasiswa juga bisa mendaftar di perguruan tinggi swasta (PTS) lho.

Salah satu PTS yang sudah membuka pendaftaraan penerimaan mahasiswa baru adalah Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

ITTP sudah membuka Jalur Pendaftaran PDMK-1 sejak 18 Oktober hingga 8 Desember 2021 mendatang. 

Jalur PMDK merupakan jalur penelusuran minat dan kemampuan. Jalur pendaftaran ini menjadi jalur pendaftaran yang dibuka paling awal untuk tahun akademik 2022/2023.

Syarat pendaftaran jalur ini sangat mudah dan tanpa tes. Selain itu calon mahasiswa juga memiliki kesempatan mendapatkan beasiswa juga lebih besar.

Merangkum dari Instagram Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Rabu (27/10/2021), berikut persyaratan dan beasiswa yang bisa diperoleh jika ingin mendaftar di kampus ini.

Syarat pendaftaran

  • Siswa lulusan SMA/MA/SMK 4 tahun terakhir 2019, 2020, 2021, 2022.
  • Semua jurusan boleh mendaftar.
  • Cukup melampirkan nilai rapor dengan nilai rata-rata 70 untuk 3 mata pelajaran yakni Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Beasiswa yang bisa diperoleh

Jika kamu tertarik kuliah di ITTP mendaftar di jalur PDMK-1, ada beberapa beasiswa yang bisa kamu manfaatkan.

Yakni, beasiswa prestasi akademik, prestasi lomba bidang akademik dan beasiswa prestasi nonakademik.

Beasiswa prestasi akademik

  • Calon mahasiswa yang berada di peringkat 1 sekolah bisa menerima beasiswa full atau free dana pembangunan.
  • Berada di peringkat 2-5 sekolah bisa mendapat beasiswa free dana pembangunan dan free SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan).
  • Berada di peringkat 6-10 sekolah bisa mendapatkan beasiswa free SDP2 dan potongan 50 persen UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan).

Prestasi lomba bidang akademik

Beasiswa prestasi nonakademik

  • Peringkat 1 mendapat beasiswa full, free dana pembangunan atau free SDP2.
  • Peringkat 2 free dana pembangunan atau free SDP2
  • Peringkat 3 free dana pembangunan atau free SDP2.

Syarat dan ketentuan beasiswa

1. Beasiswa dibuka secara terbats dan diperuntukkan bagi siswa yang benar-benar memiliki prestasi (akademik atau non-akademik).

2. Pemohon beasiswa wajib melampirkan surat pengantar dari sekolah disertai bukti prestasi berupa piagam atau sertifikat.

3. Semua dokumen persyaratan beasiswa harus diupload di web pendaftaran pada saat proses mendaftar. Pemohon beasiswa yang tidak melampirkan dokumen persyarakat (karena lupa atau secara sengaja) maka dianggap tidak memenuhi syarat dalam pengajuan beasiswa dan dianggap mengikuti skema biaya normal tanpa beasiswa.

4. Jika ada pemohon beasiswa yang melampirkan lebih dari 1 bukti prestasi maka yang akan diakui adalah prestasi yang paling tinggi tingkatan dan level perlombaannya.

5. Prestasi yang diakui dan dianggap memenuhi syarat hanyalah prestasi siswa selama di SMA/MA/SMK. Prestasi di bawahnya tidak diakui.

6. Semua keputusan pemberian beasiswa menjadi kewenangan tim seleksi dan keputusan tim tidak dapat diganggu gugat atau dianulir.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur PMDK-1 bisa membuka laman https://pmb.ittelkom-pwt.ac.id atau di akun Instagram ITTP. Jika lebih tertarik melanjutkan pendidikan di 

https://www.kompas.com/edu/read/2021/10/27/123545171/ittp-buka-penerimaan-maba-jalur-pmdk-ini-cara-daftarnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke