Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuota Gratis Kemendikbud Cair, Tak Bisa Akses 39 Media Sosial-Aplikasi Ini

KOMPAS.com - Bantuan kuota gratis Oktober 2021 kembali disalurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menyebutkan, pada September 2021 Kemendikbud Ristek telah menyalurkan bantuan data kuota internet kepada 24,4 juta pengguna. Sementara di bulan ini, jumlah kuota bertambah.

Bantuan ini, jelas Nadiem, bertujuan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang masih dikombinasikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Bantuan kuota data internet kembali disalurkan di bulan Oktober ini kepada sejumlah 26,6 juta penerima untuk menunjang pembelajaran, baik bagi yang sudah PTM terbatas maupun yang masih PJJ,” ungkap Nadiem dalam siaran pers, Selasa (12/9/2021).

Keseluruhan bantuan kuota data internet di tahun 2021, terang Nadiem, merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbud Ristek.

“Jangan mudah terpancing informasi tidak benar yang beredar. Informasi tepercaya hanya dikeluarkan oleh portal atau media sosial resmi Kemendikbud Ristek,” pesan Nadiem.

Berikut 39 daftar situs dan aplikasi yang tidak bisa diakses dengan paket kuota gratis internet Kemendikbud Ristek yang dilansir dari laman https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id:

Social Network

1. Facebook

2. Instagram

3. Twitter

4. Tinder

5. Periscope

6. Pinterest

7. Snackvideo

8. Snapchat

9. Bigolive

10. Tumblr

11. Badoo

12. Vive

13. Vkontakte

14. YY

Game

1. 8 Ball Pool

2. Candy Crush

3. Clash of Clans

4. Clash of Kings

5. Clash Royale

6. Crisis Action

7. Fifa Mobile Football

8. Garena

9. Garena AOV

10. Garena Free Fire

11. Growtopia

12. Lineage Revolution

13. Lords Mobile: Battle of The Empires

14. Mobile Legends

15. PUBG

16. Roblox

17. Steam

Video

1. Dailymotion

2. JWPlayer

3. Likee

4. Netflix

5. QQVideo

6. TikTok

7. TVUNetworks

8. Viu

Daftar 39 situs dan aplikasi yang tidak bisa digunakan lewat kuota gratis internet Kemendikbud Ristek bisa bertambah seiring berjalannya waktu.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/10/12/135831271/kuota-gratis-kemendikbud-cair-tak-bisa-akses-39-media-sosial-aplikasi-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke