Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tinjau Tes CASN di UNY, Wali Kota Magelang: Rezeki Bukan dari PNS Saja

KOMPAS.com - Menjadi PNS adalah impian setiap warga Indonesia. Bahkan banyak orangtua yang menginginkan kalau anaknya kelak menjadi PNS.

Tetapi, hal itu tak berlaku bagi Wali Kota Magelang Jawa Tengah, dr. Muchamad Nur Aziz, Sp.Pd., MKG. Dia menceritakan bahwa dirinya pernah menjadi abdi negara.

Ketika meninjau pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar Calon Aparatur Sipil Negara (SKD CASN) di UPT TIK Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Muchamad Nur Aziz memberikan pernyataan menarik.

Dia memberikan semangat kepada peserta tes SKD CASN di UNY, Selasa (28/9/2021). "Jika tak diterima dalam tes ini, janganlah berputus asa karena rezeki bukan hanya dari PNS," ujarnya, seperti dikutip dari laman UNY.

Menurut dia, PNS tidak akan bisa jadi kaya raya sebab hanya sebagai pengabdi masyarakat semata. Tentu yang tidak diterima akan lebih banyak dari yang diterima.

"Namun, kembali pada pilihan bapak ibu bahwa PNS memang telah menjadi pilihan pertama, bahkan utama dari bapak ibu semua," terangnya.

"Tetap semangat, saya berterima kasih karena masih ada yang mau mengabdi pada negara dan bangsa," imbuhnya lagi.

Pada kesempatan itu, dia menceritakan bahwa dirinya juga sempat menjadi PNS pada saat mengabdi menjadi dokter di Kalimantan.

Bahkan sempat sekolah spesialis namun keluar dari PNS karena akan menjadi wali kota. Muchamad Nur Aziz berharap apabila tidak diterima sebagai PNS tidak berputus asa karena dapat berkarier sebagai pengusaha.

Untuk itulah, dia tetap memberikan semangat positif pada peserta tes SKD CASN agar tidak putus asa jika tidak diterima sebagai ASN atau PNS.

Dia juga memastikan bahwa kegiatan ini fair dan tidak ada titipan atau semacam itu. Kemampuan para peserta dari hasil belajarlah yang akan membawa diterima atau tidaknya menjadi ASN.

"Niatkanlah untuk mengabdi sebagai PNS pada bangsa dan negara dilandasi pada pengabdian kita sebagai umat beragama," pesan Muchamad Nur Aziz.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Pemberhentian Pegawai BKPP Kota Magelang Agus Mulyanto, SE menjelaskan, kegiatan tes SKD CASN Kota Magelang ini berlangsung selama empat hari sejak 26-29 September 2021.

Adapun peserta tes diikuti sebanyak 2.302 orang yang memperebutkan 166 formasi. "Tes dibagi menjadi tiga sesi dengan peserta 315 orang pada tiap sesinya," papar Agus.

Diungkapkan Agus bahwa pada hari Selasa ini dari total 945 orang yang dijadwalkan ikut tes, hadir sejumlah 805 orang dengan 140 peserta tidak hadir karena berbagai sebab.

Diharapkan agar hari berikutnya yang merupakan sesi terakhir, peserta yang berjumlah 97 orang dapat hadir semuanya.

Tentu, ini adalah salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang kemitraan untuk mencapai tujuan.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/09/29/053200271/tinjau-tes-casn-di-uny-wali-kota-magelang-rezeki-bukan-dari-pns-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke