Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahakarya Pusaka, Bukti Cinta Tanah Air Mahasiswa Indonesia di Sudan

KOMPAS.com - Hari ulang tahun Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus sejak 76 tahun yang lalu, menjadi hari yang istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia. Tidak hanya masyarakat Indonesia yang berada di Tanah Air, tetapi juga yang berada di berbagai penjuru dunia.

Sebagai wujud bakti dan bukti rasa cinta tanah air, para mahasiswa Indonesia yang tengah menimba ilmu di Sudan membuat sebuah karya film pendek berupa drama musikal bertajuk Mahakarya Pusaka, cover lagu nasional "Indonesia Pusaka" dan "Tanah Airku".

Drama musikal tersebut menggambarkan persatuan akan kemajemukan yang dikemas secara indah dengan harapan menambah kecintaan Warga Negara Indonesia yang berada di Sudan, sekaligus mengenalkan keindahan Sudan dan mengenalkan budaya Indonesia pada dunia.

Mala Himmah Ulya, mahasiswi Indonesia yang berkuliah di International University of Africa, Sudan, mengatakan video ini melibatkan 53 mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Sudan dan beberapa pekerja Indonesia yang bekerja di perusahaan Sudan, dan Ibu rumah tangga.

"Diproduseri oleh Ma'rifat Dzaki Assindi dan Saefurrahman proyek ini bekerja sama dengan PPI Putri Sudan yang di ketuai oleh Mala Himmah Ulya, dan grup Band yang digawangi oleh Suryadi Pradana. Lokasi shooting di Jabal Awliya, Universitas Internasional Afrika, Souq Arobi Khartoum," papar Mala dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (23/8/2021).

Mala bercerita, kurang lebih dua bulan ia dan teman-teman mahasiswa membagi waktu untuk kuliah, bekerja, berorganisasi. Namun, demi terwujudnya proyek ini, mereka menempuh proses latihan hampir setiap hari dari grup band, musik angklung, dan paduan suara.

Mahakarya Pusaka menjadi drama musikal yang dibuat pertama kali oleh mahasiswa Indonesia di Sudan. Sebelumnya, perayaan 17 Agustus biasanya dirayakan melalui lomba-lomba yang diikuti mahasiswa.

Drama Musikal bertajuk Mahakarya Pusaka dapat dilihat melalui tautan ini.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/08/24/175709871/mahakarya-pusaka-bukti-cinta-tanah-air-mahasiswa-indonesia-di-sudan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke