Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ikut UM Undip? Kamu Bisa Gagal Jika Lakukan Hal Ini

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) masih menggelar Ujian Mandiri (UM) S1 secara online hingga tanggal 2 Juli 2021 mendatang. Dalam sehari, pelaksanaan UM Undip dibagi menjadi 3 sesi ujian online.

Sesuai peraturan, petugas pengawas dan peserta ujian wajib membuka zoom kurang lebih satu jam sebelum ujian. Hal tersebut dilakukan untuk persiapan ujian berupa tutorial, membacakan tata tertib dan melakukan pengecekan.

Sebelum ujian online dimulai, peserta diminta untuk memperlihatkan kondisi ruangan yang digunakan melaksanakan ujian. Hal itu dilakukan untuk memastikan peserta mengerjakan sendiri soal ujian tersebut.

Petugas pengawas juga melakukan pengecekan data peserta ujian untuk memastikan kesesuaian nama peserta dan wajah peserta.

Tata tertib UM Undip

Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan peserta ujian yang dapat menghambat pelaksanaan ujian dan menjadikan pelanggaran, antara lain:

1. Join zoom terlambat.

2. Tidak bisa login karena tidak memperhatikan nomor peserta saat login.

3. Tidak bersedia menunjukkan kartu identitas.

4. Melakukan gerak-gerik yang mencurigakan seperti gerakan mulut, gerakan mata dan gerakan anggota tubuh lainnya.

5. Jalan-jalan saat ujian.

6. Tidak bersedia menghidupkan kamera/video zoom.

Meskipun dilakukan pengawasan secara online, namun petugas pengawas benar-benar memperhatikan peserta ujian selama ujian berlangsung.

Selama menjalankan pengawasan, petugas juga dapat berinteraksi jika ada peserta ujian yang mengalami kesulitan.

Bisa dikeluarkan dari Zoom

Untuk beberapa pelanggaran yang dilakukan peserta ujian, seperti tidak bersedia menunjukkan kartu identitas, melakukan gerak-gerik yang mencurigakan, maka petugas pengawas berhak untuk menegur.

Teguran akan diberikan hingga 3 kali untuk peserta bersedia menunjukkan identitas dan melanjutkan ujian. Begitu pula apabila dilihat peserta melakukan gerakan mencurigakan, maka petugas pengawas berhak memberikan peringatan hingga 3 kali untuk peserta dapat melanjutkan ujian.

Sedangkan untuk peserta yang jalan-jalan saat ujian dan tidak bersedia menghidupkan kamera/video Zoom saat ujian, petugas pengawas dapat mengeluarkan peserta dari Zoom.

Tindakan tegas ini dikarenakan peserta sudah diingatkan dan dibacakan tata tertib ujian sebelum ujian dimulai, yakni wajib menghidupkan kamera/video Zoom saat ujian dan dilarang meninggalkan Zoom saat ujian.

Terlebih jika ditemukan tindakan perjokian dan kecurangan lainnya, maka peserta dapat dikeluarkan dari Zoom dan daftar peserta ujian.

Ujian online adalah yang pertama diadakan untuk UM tahun 2021 ini. Dalam pelaksanaannya, ujian online UM S1 tahun ini menggunakan aplikasi CAT (Computer Assisted Test) yang didesain tim IT Undip.

Peserta mengerjakan soal dari rumah atau daerah asalnya masing-masing. Selama proses pelaksanaan, dimonitor oleh tim IT Undip. Apabila terdapat kendala teknis segera ditangani oleh tim IT Undip.

"Meskipun ujian ini diawasi secara online, namun pengawasan ketat dilakukan oleh para petugas pengawas," kata Plt. Wakil Rektor III bidang Komunikasi dan Bisnis Undip Dwi Cahyo Utomo seperti dikutip dari laman Undip, Kamis (24/6/2021).

Dia berpesan untuk peserta ujian online UM S1 Undip untuk mengikuti tata tertib yang sudah disetujui, seperti:

Selama ujian online berlangsung, diawasi ketat oleh petugas, sehingga peserta diwajibkan menghidupkan kamera/video Zoom agar bisa dimonitor petugas. Diharapkan dengan mematuhi tata tertib, peserta dapat lebih konsentrasi dan lancar dalam mengerjakan soal ujian.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/24/113500971/ikut-um-undip-kamu-bisa-gagal-jika-lakukan-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke