Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Guru Besar Unnes: Ini Potensi Wedang Uwuh pada Keseimbangan Sistem Imun

KOMPAS.com - Selama setahun lebih ini, masyarakat Indonesia masih dihadapkan dengan Covid-19. Bahkan akhir-akhir ini kasusnya kembali melonjak.

Pemerintah tentu terus berupaya dengan program vaksinasi, kebijakan new normal, dan penggunaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan).

Meski demikian, masyarakat perlu melakukan pencegahan internal melalui peningkatan imunitas untuk melindungi diri dalam mencegah Covid-19.

Hal ini bisa dilakukan dengan asupan berbagai nutrisi seimbang pada makanan dan zat untuk imunomodulator.

Guru besar bidang Ilmu Gizi dan Kesehatan Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof. Dr. Ari Yuniastuti, M.Kes., sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik sangat penting dalam memerangi Covid-19.

Meningkatkan sistem imun

Menurut Prof. Ari, sistem imun perlu ditingkatkan dalam mencegah Covid-19 melalui modulasi (mengatur) sistem imun tubuh menggunakan imunomodulator.

Tentu untuk meningkatkan pembentukan antibodi dan sitokin serta memperbaiki fungsi fagosistosis.

Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respons imun dengan mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif, seperti mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

"Artinya, dengan mengonsumsi imunomodulator, maka akan mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu," ujar Prof. Ari Yuniastuti seperti dikutip dari laman Unnes.

Dikatakan, salah satu produk minuman tradisional yang kaya akan antioksidan dan dapat digunakan sebagai imunomodulator adalah wedang uwuh.

Wedang uwuh merupakan minuman asli Yogyakarta. Wedang Uwuh adalah minuman yang berbahan dasar:

  • kayu secang
  • jahe
  • daun pala
  • daun kayu manis
  • ranting cengkeh
  • cengkeh
  • daun cengkeh

"Semua bahan itu sangat berkhasiat dan menyehatkan tubuh," tuturnya.

Tak hanya itu saja, wedang uwuh sebagai minuman fungsional dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber senyawa bioaktif yang memiliki fungsi sebagai imunomodulator.

Ini karena kandungan bahan-bahan yang berkhasiat dalam wedang uwuh telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan, antara lain sebagai:

1. antioksidan

2. antikanker

3. antiinflamasi

4. antihiperkolesteorolemia

5. antibakteri

https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/20/160218271/guru-besar-unnes-ini-potensi-wedang-uwuh-pada-keseimbangan-sistem-imun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke