Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UNS Bentuk Perusahaan Besar

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) sejak Oktober 2020.

Sejak saat itu banyak hal yang dikejar UNS di bidang akademik maupun nonakademik untuk menyejajarkan diri dengan universitas PTN-BH lainnya.

Salah satu hal non akademik yang mulai digarap, yakni UNS akan segera mengoptimalkan Badan Pengelola Usaha (BPU).

Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi UNS, Sajidan mengatakan, selain mengoptimalkan usaha yang sudah ada seperti UNS Inn dan katering, UNS juga berencana untuk mendirikan perusahaan.

Bentuk perusahaan tersebut adalah perseroan terbuka berkategori besar.

"Dalam bisnis, UNS harus mengacu pada PP No. 56 tahun 2020 dan UNS sebagai PTN-BH akan mendirikan perusahaan," ucap Sajidan melansir laman UNS, Selasa (18/5/2021).

Dia mengaku, perusahaan yang diberi nama PT Semar Sarana Sejahtera itu akan melakukan revitalisasi usaha yang dimiliki UNS sebelumnya.

Usaha-usaha tersebut diantaranya UNS Inn, katering, air minum, modular SPBU, dan bengkel.

Selain itu, perusahaan ini juga akan membuka potensi bisnis baru, seperti jasa konsultan, event organizer, dan paket perjalanan wisata.

Lalu, akan ada klinik, apotek, produk herbal, alat bantu kesehatan, dan potensi lainnya.

Pembentukan perusahaan oleh UNS dibenarkan oleh General Manager Operasional (GMO) BPU UNS Zainal Arifin.

Zainal mengatakan perusahaan tersebut juga rencananya akan berfungsi sebagai hilirisasi produk-produk riset atau inovasi para dosen dan sivitas akademika UNS.

"Pada awalnya kita akan mengoptimalisasikan bisnis yang sudah ada. Dari situ kita akan mengakomodasi hilirisasi yang ada di UNS baik itu dari Pusat Unggulan Ipteks (PUI), LPPM, fakultas, atau manajemen yang lain," ujar Zainal.

Zainal menyebut, saat ini perusahaan itu masih dalam tahap perencanaan.

"Sumbang saran dari sivitas akademika dan alumni sangat diharapkan untuk pengelolaan usaha UNS yang lebih baik," tukas dia.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/05/18/184435971/uns-bentuk-perusahaan-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke