Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Guru Besar IPB: Turunkan Gula Darah dengan Formula Minuman Ini

KOMPAS.com - Setiap manusia, di tubuhnya mengandung gula dalam darah. Ini juga biasa disebut sebagai glukosa.

Tentu gula dalam darah berfungsi untuk memberi energi pada sel dan organ tubuh. Tetapi, jika berlebih itu bisa menimbulkan penyakit.

Diabetes tidak hanya menyebabkan kematian prematur di seluruh dunia, tetapi juga jadi penyebab utama kebutaan, penyakit jantung dan gagal ginjal.

Diabetes merupakan penyakit menahun (kronis) berupa gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal.

Sebagai negara dengan kekayaan rempah dan herba, saat ini Indonesia memiliki formula minuman yang dapat membantu penderita diabetes untuk turunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Guru Besar IPB University dari Fakultas Teknologi Pertanian Prof. C. Hanny Wijaya telah menghasilkan inovasi berupa "Glucodiab Drink". Inovasi ini berfungsi membantu penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah.

Hal itu diungkapkan Prof. Hanny yang dikupas dalam "TheStory of Glucodiab Drink" yang diselenggarakan Unihealth a Soho Global Health Company, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan IPB University.

"Saya betul-betul terharu, banyak apresiasi yang datang. Semoga jamu Indonesia bisa mengejar Traditional Chinese Medicine (TCM) dan Ayuverda, sebagai obat tradisional," ujar Hanny, dilansir dari laman resmi IPB, Kamis (17/12/2020).

Dengan bahan tanaman kumis kucing

Dijelaskan, Glucodiab Drink merupakan formula minuman fungsional berbasis rempah-rempah dan herba untuk mengatasi kencing manis. Komposisi terbesarnya berasal dari tanaman kumis kucing.

Berdasarkan riset, minuman ini memiliki antioksidan tinggi yang mencapai 600-700 ppm, dengan aktivitas antihiperglikemik sebesar 65,83 persen.

Adapun ekstrak tanaman kumis kucing yang menjadi komposisi utama pada Glucodiab Drink memiliki khasiat pada dosis tertentu.

Terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dan menaikkan high-density lipoprotein (HDL) yang biasa disebut sebagai kolesterol baik dalam darah tikus percobaan, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan ukuran batu ginjal.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny K Lukito menyatakan, BPOM apresiasi PT Soho dengan IPB University dalam mengembangkan produk herbal Indonesia.

Menurutnya, potensi obat yang sudah mendunia, termasuk di Indonesia, terlebih dengan biodiversitas yang sangat potensial.

"Pemanfaatan potensi ini perlu diawali oleh BPOM untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan aman," kata Penny.

IPB terus berinovasi

Sementara, Rektor IPB University Prof. Arif Satria menambahkan, kerja sama ini adalah bukti bahwa swasta dengan perguruan tinggi dapat terus bergandengan tangan.

"Kita yakin bahwa kita bisa menghasilkan inovasi. Di tengah pandemi Covid-19 kita harus melakukan lompatan untuk dapat menghasilkan sesuatu hal yang baru karena kekuatan bangsa dilihat dari inovasi. Kita akan menjadi negara besar dengan terus memberikan inovasi," tegas Arif.

IPB University, memiliki banyak sekali inovasi yang perlu dihilirisasi. Inovasi-inovasi IPB University tidak hanya berhenti di perpustakaan namun harus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/05/14/100211771/guru-besar-ipb-turunkan-gula-darah-dengan-formula-minuman-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke