Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER EDUKASI] Awak Kapal Tak Keluar dari Tenggelamnya Kapal Selam | UI Peringkat 1 Versi SIR | Mahasiswa S1 Bisa Daftar LPDP

KOMPAS.com - Pada 21 April 2021 Indonesia mendapat kabar hilangnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan Bali saat sedang menjalani latihan.

Hingga akhirnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan pernyataan bahwa kapal selam tersebut tenggelam di dasar laut sedalam 838 meter.

Hal ini kemudian ramai dibicarakan di media sosial, terutama mengenai mengapa para awak kapal selam tidak keluar dari pintu emergency dan berenang ke luar untuk menyelamatkan dirinya sendiri?

Informasi ini menjadi berita terpopuler di kanal Edukasi Kompas.com. Yakni penjelasan kenapa awak kapal selam tidak keluar menyelamatkan diri.

Selain itu, ada juga berita populer di kanal edukasi yakni mengenai Universitas Indonesia (UI) kembali mencatatkan namanya sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Berikut tiga berita populer edukasi sepanjang Senin hingga Kamis (26-29/4/2021):

1. Kenapa Awak Kapal Tidak Keluar dari Tenggelamnya Kapal Selam?

Pada tanggal 21 April 2021 Indonesia dikejutkan dengan kabar hilangnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan Bali saat sedang menjalani latihan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan bahwa kapal selam menghilang tidak lama setelah diberikan izin menyelam dan diperkirakan berada di palung dengan kedalaman 700 meter di bawah permukaan air.

KRI Nanggala yang hilang membawa 53 awak kapal dengan cadangan oksigen yang hanya bisa bertahan selama 72 jam. TNI telah mengerahkan banyak KRI lain untuk melakukan penyelamatan terhadap 53 awak kapal tersebut.

Hal ini kemudian ramai dibicarakan di media sosial, terutama mengenai mengapa para awak kapal selam tidak keluar dari pintu emergency dan berenang ke luar untuk menyelamatkan dirinya sendiri?

Untuk berita lengkap terkait penjelasan kenapa awak kapal tidak keluar itu bisa dilihat dari tautan ini.

SCImago Institutions Rankings (SIR), lembaga pemeringkatan yang menggabungkan tiga indikator yang berbeda juga merilis daftar kampus terbaik.

Salah satunya perguruan tinggi di Indonesia. Dari hasil SIR itu, Universitas Indonesia (UI) kembali mencatatkan namanya sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Dalam berita ini juga dijelaskan daftar 20 besar perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam Research and Innovation Ranking menurut Scimago Institutions Rankings

Bagi yang ingin mengetahui terkait daftar 20 perguruan tinggi terbaik di Indonesia bisa dengan klik disini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengumumkan kali ini ada terobosan baru terkait beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Kini telah dibuka juga untuk program studi jenjang S1. Sehingga, mahasiswa atau calon mahasiswa bisa menikmati beasiswa ini dengan syarat ketat.

Bahkan, Tak hanya itu beasiswa itu nantinya juga memiliki program pertukaran pelajar hingga kegiatan besertifikat di industri.

Untuk informasi lebih lengkap dari berita beasiswa LPDP tersebut bisa dibaca dari sini.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/04/29/080317371/populer-edukasi-awak-kapal-tak-keluar-dari-tenggelamnya-kapal-selam-ui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke