Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beroperasi Juli, IAIN Palu Bisa Bangkitkan Perekonomian Pasca-bencana

KOMPAS.com - Setelah diguncang bencana gempa bumi dan tsunami pada 28 September 2018, Provinsi Sulawesi Tengah terus berbenah. Khususnya dalam hal membangkitkan perekonomian daerahnya.

Bencana besar kala itu menyebabkan ribuan korban jiwa dan warga kehilangan rumahnya. Peristiwa ini meninggalkan duka mendalam bagi warga Sulawesi Tengah, khususnya Palu dan Donggala.

Pada masa pemulihan perekonomian ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu meresmikan kampus barunya di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah.

Dengan adanya perguruan tinggi, diharapkan bisa membantu membangkitkan ekonomi Sulawesi Tengah sekaligus meningkatkan sumber daya manusia sekitar.

Adanya kampus bisa tingkatkan perekonomian

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu, Abidin mengungkapkan, IAIN Palu Kampus Sigi akan mulai beroperasi pada Juli 2021.

"Semester depan, tepatnya pada Juli 2021, IAIN Palu akan mulai mengaktifkan kampus baru di Kabupaten Sigi. Rencana kedepannya mayoritas kegiatan belajar mengajar akan aktif di Sigi," kata Abidin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (20/4/2021).

Saat ini pendaftaran sudah dibuka melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Menurut Abidin, adanya kampus bisa membangkitkan ekonomi daerah.

Dengan keberadaan IAIN Palu, lanjut Abidin, pembangunan Sigi akan berlangsung lebih cepat. Dengan adanya kampus, masyarakat bisa membuka warung, laundry, kos, maupun melakukan aktivitas dagang lainnya.

"Dagangan tersebut dapat dipastikan laris dan tahan lama, karena akan ada sekitar ribuan mahasiswa yang nantinya berkuliah di IAIN Palu saat kampus ini beroperasi penuh," ungkap Abidin.

Investor bisa masuk kembali

Abidin menambahkan, keberadaan kampus IAIN Palu bisa menjawab keluh kesah yang sering disampaikan masyarakat. Mereka sulit mencari investor dan investasi di Sulawesi Tengah.

"Sigi akan makin maju sejahtera lahir batin, karena keberadaan kampus merupakan investasi yang cepat untungnya,” imbuh Abidin.

Tidak hanya cepat, Abidin juga mengungkapkan keuntungan dari kampus akan berlangsung secara keberlanjutan.

Karena keberadaan kampus adalah investasi pendidikan yang sifatnya kekal abadi dalam diri tiap-tiap anak Kabupaten Sigi.

Abidin menyampaikan, dengan berkuliah, masyarakat akan memiliki kompetensi teknis maupun kewirausahaan.

Lulusan kampus nantinya dapat menciptakan lapangan kerja. Atau menjadi magnet tersendiri bagi investor untuk mengembangkan industrinya di Sigi.

Karena di daerah tersebut telah tersedia sumber daya manusia.

“Hal ini didukung dengan spesialisasi kampus IAIN Palu sebagai kampus pendidikan dan keagamaan, yang mana lulusannya siap kerja dan berkarakter unggul. Kampus IAIN Palu sangat diharapkan masyarakat Sigi, untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita," urai Abidin.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/04/20/141900171/beroperasi-juli-iain-palu-bisa-bangkitkan-perekonomian-pasca-bencana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke