Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER EDUKASI] Tanaman Pereda Asam Urat | Mahasiswa Dapat KIP Kuliah hingga Rp 12 Juta | PT Pos Buka Lowongan Kerja

KOMPAS.com - Gaya hidup dan seiring bertambahnya usia, beragam keluhan penyakit bisa berdatangan. Salah satunya asam urat yang kerap mengganggu kenyamanan.

Guru Besar IPB University dari Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Prof Dyah Iswantini menjelaskan terdapat beberapa tanaman herbal yang dapat berkhasiat sebagai obat penyembuh asam urat.

Salah satunya, seledri dan tempuyung. Ternyata, informasi ini menyedot perhatian pembaca Kompas.com di kanal edukasi terutama terkait tanaman herbal

Lalu, berita kedua yang menyita perhatian adalah upaya Kemendikbud menaikkan dana bantuan dana KIP Kuliah 2021 mencapai Rp 2,5 triliun. Dengan jumlah penerima tetap sama sebanyak 200.000 mahasiswa.

Angka KIP Kuliah 2021 mengalami peningkatan bila dibanding tahun lalu. Dana KIP Kuliah 2021 yang mengalami peningkatan, membuat penyaluran kepada mahasiswa juga mengalami kenaikan di tahun ini.

Selain kedua isu utama tersebut, berita mengenai lowongan kerja di tahun 2021 oleh PT Pos Indonesia (Persero) bagi lulusan SMA/SMK hingga S1. Lowongan kerja yang sedang dibuka ini, akan ditempatkan di Kantor Pos Jombang.

Ketiga berita ini, menjadi artikel populer edukasi sepanjang Kamis (19/3/2021) sampai Kamis (25/3/2021).

Jangan sampai terlewatkan, berikut rangkuman berita terpopuler di kanal edukasi Kompas.com terkait tanaman herbal untuk asam urat, Mahasiswa dapat KIP Kuliah hingga Rp 12 juta dan Lowongan PT.Pos Indonesia

Guru Besar IPB University dari Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Prof Dyah Iswantini menjelaskan terdapat beberapa tanaman herbal yang dapat berkhasiat sebagai obat penyembuh asam urat.

Ia menyebut, tanaman herbal lokal seperti sidaguri, kaya akan kandungan alkaloid dan tanin dan berkhasiat sebagai obat diuretik dan analgesik.

Dengan tambahan seledri dan tempuyung, obat asam urat herbal tersebut bahkan dapat bersifat sama seperti allopurinol yang dapat menghambat enzim xanthin oksidase. Jika tertarik mengetahui lebih dalam tanaman herbal yang bisa mengatasi asam urat, klik tautan berikut ini.

2. Mahasiswa Dapat KIP Kuliah 2021 hingga Rp 12 Juta, Ini Cara Daftarnya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memastikan bantuan KIP Kuliah naik. Per mahasiswa, kini nilainya tak lagi sama.

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan perbedaan penerimaan KIP, tergantung pada akreditasi dari program studi (Prodi) yang diambil oleh para mahasiswa.

Di tahun 2021, kata dia, KIP Kuliah untuk mahasiswa prodi dengan akreditasi A diberikan sebesar Rp 8.000.000, dengan batas maksimum di Rp 12.000.000.

Prodi dengan akreditasi B, dana KIP kuliah yang diberikan kepada mahasiswa sebesar Rp 4.000.000."Sedangkan prodi dengan akreditasi C, dana KIP Kuliah yang diberikan sebesar Rp 2.400.000," kata Nadiem seperti diberitakan Jumat (19/3/2021).

Selanjutnya untuk biaya hidup per mahasiswa dibagi menjadi 5 klaster daerah sesuai indeks harga berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas 2019). Bagi kamu yang ingin mencoba daftar KIP Kuliah bisa mencoba membaca tautan berikut.

PT pos Indonesia (Persero) membuka lowongan kerja bagi lulusan SMA/SMK hingga S1.

Lowongan kerja yang sedang dibuka oleh Pos Indonesia akan ditempatkan di Kantor Pos Jombang.

Pos Indonesia merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang layanan pos.

Merangkum laman Instagram @kantorposjombang61400, Selasa (23/3/2021) memberitahukan ada tiga posisi lowongan kerja yang sedang dibuka oleh Pos Indonesia, yakni:

1. Staff Operasional dibutuhkan 3 orang.

2. Staff Supporting dibutuhkan 1 orang.

Bagi yang tertarik bergabung di PT.Pos Indonesia, bisa membuka tautan ini.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/25/204752371/populer-edukasi-tanaman-pereda-asam-urat-mahasiswa-dapat-kip-kuliah-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke