Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Zenius Gelar Try-Out UTBK-SBMPTN Gratis dan Kesempatan Beasiswa

KOMPAS.com - Bagi siswa kelas 12 dan calon mahasiswa gap year yang akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, mengikuti simulasi ujian atau tryout UTBK bisa menjadi salah satu langkah persiapan.

Tak hanya lebih mengenal jenis-jenis soal UTBK, tryout dapat membantu calon mahasiswa memetakan kemampuan, mana materi yang sudah dikuasai dan mana materi yang harus lebih banyak dieksplor. Dengan begitu, siswa bisa menyusun prioritas materi mana yang harus dipelajari lebih dalam.

Memahami bahwa calon mahasiswa membutuhkan persiapan UTBK yang lebih matang, Zenius, platform pendidikan berbasis teknologi, menghadirkan Zenius Grand Try-Out (GTO) mulai bulan Maret 2021.

Kegiatan ini terbuka untuk seluruh siswa kelas 12 dan gap year di Indonesia secara daring dan gratis. Penilaiannya pun menggunakan sistem item response theory (IRT), sistem yang digunakan pada UTBK sejak tahun lalu.

Di akhir periode tryout, 50 siswa dengan nilai terbaik di Zenius GTO berkesempatan untuk memenangkan beasiswa pendidikan dan berbagai hadiah lainnya seperti voucher belanja hingga paket belajar dengan nilai total hadiah miliaran rupiah.

Chief Executive Officer Zenius Rohan Monga mengatakan, sistem IRT merupakan tantangan tersendiri untuk peserta UTBK karena sistem ini memberikan bobot yang berbeda untuk tiap soal.

"Bobot soal akan lebih rendah bila banyak siswa dapat menjawab dan sebaliknya, bobot soal akan lebih tinggi jika hanya segelintir siswa yang bisa menjawabnya," kata Rohan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (12/3/2021).

Di tahun lalu, antusiasme siswa dapat terlihat dari jumlah peserta tryout yang mencapai 65.000 peserta.

"Oleh karena itu, kami menyiapkan sebuah simulasi UTBK yang mendekati aslinya serta menyiapkan berbagai hadiah dan beasiswa untuk memotivasi para siswa," imbuh dia.

Tryout TPS dan TKA

Dalam pelaksanaan Zenius GTO, siswa dapat mengikuti try out Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik untuk kategori Saintek dan Sosial-Humaniora.

Sepanjang periode tryout, sebuah papan peringkat (leaderboard) akan ditampilkan secara daring. Papan peringkat ini akan menampilkan penilaian dari setiap sesi tryout, termasuk pencapaian tertentu seperti siswa dengan nilai tertinggi dan waktu pengerjaan tercepat.

Bagi siswa yang berkeinginan untuk terus meningkatkan kemampuannya, Zenius Grand Try-Out juga dilengkapi dengan kelas pembahasan soal secara live dan tautan ke video konsep untuk bahan evaluasi dan pembelajaran lebih lanjut.

"Semua ini tersedia gratis untuk membukakan akses sebesar-besarnya bagi sebanyak mungkin siswa di Indonesia untuk mendapatkan materi pendidikan berkualitas," terang Rohan.

Pendaftaran Zenius GTO telah dibuka sejak tanggal 15 Februari 2021 lewat aplikasi smartphone atau situs Zenius.

Siswa dapat mengikuti seluruh sesi tryout yang akan diadakan pada tanggal 20 dan 27 Maret serta 1 dan 8 April 2021.

Zenius akan mengumumkan pemenang Zenius GTO setelah periode UTBK usai di bulan Mei 2021.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/12/163000471/zenius-gelar-try-out-utbk-sbmptn-gratis-dan-kesempatan-beasiswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke