Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UI Luncurkan Prodi Magister Fisika Medis, Ini Prospek Kerjanya

KOMPAS.com - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) membuka program studi (Prodi) baru, yaitu Magister Fisika Medis.

Prodi baru di tahun ajaran 2021/2022 ini tertuang dalam Keputusan Rektor UI Nomor: 2256/SK/R/UI/2020 pada tanggal 14 Desember 2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi Fisika Medis pada program magister FMIPA UI.

Melansir dari laman ui.ac.id, prodi ini sebelumnya merupakan peminatan Fisika Medis yang telah dikembangkan selama 20 tahun di Departemen Fisika FMIPA UI.

Kemudian, didirikannya prodi ini, dengan tujuan untuk menghasilkan fisikawan medik yang berkompeten.

Sebab, saat ini rumah sakit dalam pelayanan radioterapi, radiodiagnostik, dan kedokteran nuklir membutuhkan fisikawan medis.

"Kemajuan inovasi teknologi di bidang medis membutuhkan tenaga ahli yang profesional di bidang fisika medis, sehingga para calon mahasiwa tidak perlu khawatir akan prospek kerja lulusan prodi ini," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Abdul Haris.

Prospek kerja

Untuk peluang karirnya, bagi lulusan Prodi Fisika Medis di antaranya adalah dapat bekerja di industri alat kesehatan atau menjadi spesialis produk di perusahaan alat kesehatan.

Kemudian, lulusan fisika medis bisa bekerja di pusat penelitian dan pengembangan. Tidak hanya itu, para fisikawan medis juga bisa menjadi pemangku kebijakan di kementerian kesehatan atau Badan Pengawas Tenaga Nuklir.

Nah, bagi lulusan prodi ini wajib mengikuti program residensi klinis selama minimal dua tahun di bawah pembimbing klinis berkualifikasi untuk memperoleh sertifikat kompetensi.

Lulusan yang berhasil meraih sertifikat kompetensi tersebut akan diberikan Surat Tanda Registrasi (STR) Fisikawan Medik dari Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI).

Fisika medis menurut International Organization for Medical Physics (IOMP) merupakan penerapan ilmu fisika yang menitikberatkan pada teknologi pencegahan, diagnosis, dan terapi penyakit.

Cakupan ilmu

Cakupan ilmu fisika medis yang digeluti di antaranya:

  • Fisika radioterapi
  • Fisika pencitraan diagnostik
  • Fisika kedokteran nuklir
  • Fisika kesehatan (proteksi radiasi) pencitraan dan terapi non pengion Pengukuran fisiologi dan material/instrumentasi biomedis

Bagi calon mahasiswa yang akan memilih prodi Magister Fisika Medis, terdapat dua kelas perkuliahan yang ditawarkan, yakni Kelas Reguler dan Kelas Riset.

Pada kelas reguler, mahasiswa mengikuti perkuliahan melalui pembelajaran terstruktur di kelas pada hari Senin-Jumat, melaksanakan program kuliah lapangan, serta mengikuti ujian tengah semester dan akhir semester.

Berbeda dengan kelas reguler, pada kelas riset tidak ada jadwal perkuliahan terstruktur. Mahasiswa difokuskan untuk menyelesaikan riset sesuai topik yang diminati.

Topik tersebut, sebelumnya telah diajukan melalui proposal kepada calon dosen pembimbing pada tahap wawancara.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/31/073951371/ui-luncurkan-prodi-magister-fisika-medis-ini-prospek-kerjanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke